Setahun Corona di Indonesia, Pakar UGM Ragu Pandemi Reda Bulan Agustus

Kompas.com - 03/03/2021, 12:30 WIB
Ilustrasi Covid-19, pandemi virus corona, pandemi Covid-19. PEXELS/ANNA SHVETSIlustrasi Covid-19, pandemi virus corona, pandemi Covid-19.

KOMPAS.com- Setahun sudah Indonesia melalui pandemi Covid-19. Program vaksinasi yang digencarkan, diharapkan pemerintah bisa membebaskan Indonesia dari Covid-19 pada Agustus 2021 mendatang. 

Ada harapan pembelajaran tatap muka bisa diselenggarakan pada Juli 2021 oleh Presiden Joko Widodo. Menambah optimisme jika Indonesia bisa segera terbebas dari Covid-19. 

Pakar Epidemiologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Bayu Satria Wiratama menilai target pandemi Covid-19 di Indonesia bisa terkendali pada 17 Agustus 2021 menjadi sulit terealisasi. Terdapat sejumlah alasan yang menjadikan Indonesia sulit untuk dapat terbebas dari virus SARS CoV-2.

Baca juga: Kemenkes: Vaksin Guru Perlu Perhatikan 4 Syarat Ini

Salah satunya, kata dia, adalah kurang optimalnya program 3T yaitu testing, tracing, dan treatment.

Demikian pula gerakan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi, masih belum dilaksanakan secara ketat.

"Targetnya tidak realistis. Dilihat dari upaya 5M dan 3T di Indonesia juga masih kurang bagus," ujar Bayu dilansir dari laman resmi ugm.ac.id.

Dia menyebut hanya beberapa daerah yang upaya penanganan covid-19 menunjukkan berjalan baik. Wabah lebih terkendali terutama di beberapa daerah seperti Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur dan Sumatra Barat.

Baca juga: Selain Vaksin untuk Guru, Ada Dua Indikator Belajar Tatap Muka

Sementara itu, masih banyak daerah yang membutuhkan evaluasi dalam pelaksanaan penanganan wabah covid-19.

Selain itu, lanjut dia, dari sisi vaksinasi juga masih jauh untuk dapat membantu membentuk kekebalan komunitas atau herd immunity dan mengeliminasi covid-19 di Indonesia.

Bayu menyampaikan jika herd immunity baru bisa terbentuk setelah mendapatkan vaksin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X