Kompas.com - 05/03/2021, 10:14 WIB
Universitas Gadjah Mada (UGM) Kompas Images/Marcus SuprihadiUniversitas Gadjah Mada (UGM)
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) meraih peringkat keempat terbaik di Asia Tenggara versi Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) by Subject 2021.

Sedangkan di Indonesia, UGM meraih peringkat pertama. Adapun di Asia, universitas yang berlokasi di Yogyakarta ini meraih peringkat 25.

Baca juga: UGM Raih Peringkat 1 Versi Webometrics

Melansir laman UGM, Jumat (5/3/2021) memberitahukan pada QS WUR by Subject 2021 ini, UGM masuk ke dalam peringkat 350 besar dunia dalam penilaian untuk 3 bidang studi, yaitu Social Sciences & Management, Arts & Humanities, dan Engineering & Technology.

Di antara ketiga bidang studi tersebut, Social Sciences & Management adalah bidang studi yang terbaik di UGM dengan peringkat 261 di dunia, diikuti dengan Engineering & Technology peringkat 335, dan Arts & Humanities peringkat 350.

Dari 5 bidang studi dan 38 sub-bidang studi di UGM yang menerima penilaian, pada tahun ini Business & Management Studies dan Sociology menjadi sub-bidang studi terbaik di Indonesia, Accounting & Finance dan Economics & Econometrics peringkat ke-2, dan Law peringkat ke-3.

QS juga menempatkan UGM pada peringkat ke-2 di Indonesia untuk sub-bidang studi Engineering – Chemical.

Kemudian, peringkat ke-3 untuk Computer Science & Information Systems dan Engineering – Electrical & Electronic, serta peringkat ke-4 untuk Engineering – Mechanical, Aeronautical & Manufacturing Engineering.

Memayungi berbagai sub-bidang studi yang telah disebutkan, bidang studi Social Sciences & Management berada di posisi ke-2 sedangkan bidang studi Engineering & Technology di posisi ke-3.

Pada taraf global, sub-bidang studi Modern Languages yang berada di dalam kategori Arts & Humanities mempertahankan posisinya di 200 besar.

Sementara itu, peringkat bidang studi Engineering & Technology naik setiap tahunnya sejak tahun 2019, dari 392 ke 355 hingga 335 di tahun ini.

Baca juga: Kuliah di UGM? Ini Besaran Uang Kuliahnya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X