Kompas.com - 23/12/2020, 16:51 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com - Mahasiswa dinilai bisa sukses bila tanpa menggunakan narkoba. Maka dari itu jauhi narkoba, jangan sampai menjadi pecandu, apalagi menjadi pengedar yang bisa meresahkan banyak orang.

"Kalian (mahasiswa) saat kuliah di perguruan tinggi bisa sukses tanpa narkoba. Jauhi narkoba. Banyak ditimbang-timbang bahwa ini negatifnya jauh lebih dahsyat. Jangan coba-coba," kata Dosen Fakultas Hukum Unpad Idris melansir laman Unpad, Rabu (23/12/2020).

Baca juga: 6 Tips agar Mahasiswa Tidak Boros Saat Kuliah

Idris mengatakan, hukum di Indonesia sudah cukup baik dalam menangani pelaku kejahatan narkoba. Namun, dia menyayangkan masih minimnya efek jera bagi para pelaku.

Dia menilai, kejahatan penyalahgunaan narkotika ini sangat serius dan berbahaya. Dilihat dari perspektif hukum internasional, tindak kejahatan ini sudah mendapat banyak perhatian.

Idris berharap penyalahgunaan narkoba ini dapat diakui sebagai kejahatan paling serius, bahkan lebih berbahaya dari kejahatan perang.

Dia juga memeinta, pengendalian penyalahgunaan narkotika dapat dilakukan berbagai pihak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Seperti di lingkungan kampus, harus dilakukan berbagai pemaparan dan diskusi secara intens dengan mahasiswa mengenai bahaya narkoba," ucap Idris.

Pencegahan adalah hal utama jauhi narkoba

Dosen Fakultas Kedokteran Unpad Shelly Iskandar mengatakan, bahwa penanganan adiksi narkoba sangatlah kompleks. Untuk itu, pencegahan adalah upaya yang terbaik.

"Permasalahan Napza itu sangat kompleks dan pencegahan itu adalah hal yang sangat penting," ujar Shelly.

Baca juga: BNN Ajak Mahasiswa ITB Perangi Kejahatan Narkoba Lewat Digital

Menurut dia, merasa nyaman dan berkecukupan adalah kunci penting untuk terhindar dari godaan menggunakan narkoba.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X