Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal Januari 2021, Undip Tetap Kuliah Online

Kompas.com - 23/12/2020, 09:31 WIB
Dian Ihsan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Diponegoro (Undip) mengaku masih akan menjalankan proses perkuliahan secara daring (online) di semester genap 2020/2021 atau pada awal Januari 2021.

"Kebijakan itu diputuskan setelah menimbang masukan dari berbagai pihak," ucap Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Undip, Budi Setiyono melansir laman Undip, Selasa (22/12/2020).

Baca juga: Kuliah Undip Ramah Penyandang Disabilitas

Dia mengaku, salah satu alasannya adalah wilayah Jawa Tengah (Jateng) masih rawan penyebaran Covid-19.

"Di mana Jateng masih masuk dalam zona merah sebagai wilayahnya," jelas dia.

Menurut dia, perkuliahan online masih akan sama seperti semester sebelumnya. Ada pengecualian untuk mahasiswa yang harus praktikum, dan yang menjelang lulus bisa dilakukan secara kuliah tatap muka.

Namun kegiatan itu harus dilakukan dengan protokol kesehatan, dan pengawasan yang ketat.

Selain itu, harus ada juga izin dari orangtua dan dosen pengampu.

"Syarat lainnya adalah mahasiswa yang berkegiatan secara kuliah tatap muka dalam kondisi sehat," ungkap dia.

Dia menegaskan, pilihan kuliah online untuk mempertimbangkan keselamatan mahasiswa dan dosen. Penyebaran Covid-19 yang masih belum bisa diprediksi, membuat pilihan itu harus diambil kembali meski kebijakan tersebut sudah dilakukan sejak semester lalu.

Sebenarnya pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim sudah memberi lampu hijau bagi perguruan tinggi untuk menerapkan kuliah tatap muka.

Baca juga: Undip Kembangkan Rumah Tahan Gempa

Namun, pemberian izin belajar tatap muka harus disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing, sehingga penyelenggara pendidikan termasuk perguruan tinggi harus bijak dalam membuat keputusan.

PJJ berakibat gangguan psikologis

Dekan Fakultas Psikologi Undip Dian Ratna telah mengingatkan, bahwa proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) maupun penerapan work from home menyebabkan gangguan psikologis. Karena itu, perlu perhatian khusus agar potensi gangguan psikologis bisa diminimalisasi.

Masalah gangguan psikologis itu, Budi mengaku telah memperhatikan hal tersebut. Bahkan, Undip sudah melakukan antisipasi kualitas yang dihasilkan agar tetap terjaga, meski perkuliahan dilakukan secara online.

Budi menyebutkan, Undip sudah menyiapkan studio di Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) untuk mengembangkan model perkuliahan online dan mendokumentasikan materi perkuliahan, agar bisa diakses ulang oleh mahasiswa untuk pendalaman.

Bukan hanya itu, lanjut Budi, berbagai sarana mulai dari website, email, forum komunitas dan sarana teknologi informasi lainnya dipakai untuk mendukung pembelajaran yang disebut asinkron daring.

Metode asinkron daring merupakan metode yang memungkinkan peserta bisa belajar di hari lain dari waktu yang sudah ditetapkan.

Baca juga: Dekan Undip: Pandemi, Awas Potensi Gangguan Psikologis

"Metode ini bertujuan menjaga kualitas pendidikan yang diselenggarakan," tukas Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com