Kompas.com - 22/12/2020, 20:14 WIB
Nadiem Makarim dan Iqbaal Ramadhan IG Live Dok. Instagram Iqbaal RamadhanNadiem Makarim dan Iqbaal Ramadhan IG Live
Penulis Dian Ihsan
|

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menceritakan pengalamannya ketika mengambil program Magister Business Administration di Harvard Business School. Saat kuliah di sana, hal itu mendorong Nadiem mengubah haluan menjadi seorang wirausahawan.

"Saat kuliah di Harvard, saya juga mempelajari ratusan kasus bisnis dari berbagai perusahaan, baik yang sukses maupun gagal. Saya juga mengamati banyak kawan di Harvard yang menjadi entrepreneur," ungkap Nadiem melansir laman ITB, Selasa (22/12/2020).

Baca juga: Mendikbud Ajak Masyarakat Bangga Gunakan Produk Indonesia

Nadiem melihat, pada kala itu tukang ojek memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan. Dengan teknologi merupakan cara yang efisien untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh manusia.

"Potensi manusia jauh lebih besar dari yang kita kira, karena itu kita harus menemukan tujuan dalam hidup sehingga potensi kita menjadi jauh berkembang," jelas dia.

Dia menekankan, pengalaman pribadi yang diperoleh dari Harvard itu membuat dirinya mampu membentuk karakter dan memiliki jiwa pemimpin.

"Jadi pendidikan itu membebaskan dan memerdekakan yang bisa mengasah kemampuan kepemimpinan seorang siswa maupun mahasiswa," ungkap Nadiem.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Maka dari itu, dia mengaku, transformasi pendidikan bisa dilakukan, jika budaya mengajar yang memerdekakan bisa diterapkan di sekolah maupun perguruan tinggi.

"Perlu inovasi yang menghasilkan disrupsi untuk melakukan transformasi pada dunia pendidikan di Indonesia," tukas Nadiem.

Program guru penggerak

Nadiem pernah mengatakan, Guru Penggerak merupakan ujung tombak perubahan transformasi pendidikan Indonesia.

"Diharapkan program ini dapat mendukung tumbuh kembang siswa secara holistik," ucap Nadiem.

Baca juga: Mendikbud Nadiem: Guru Daerah 3T Jalani Tantangan Luar Biasa

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X