Kompas.com - 10/12/2020, 16:51 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Pada saat menjadi mahasiswa, pastinya memiliki tanggung jawab yang luar biasa. Biasanya, untuk melakukan kegiatan sehari-hari dibantu oleh orangtua, kini dikerjakan sendiri.

Keadaan itu membuat kalian mengatur semua hal saat menjadi mahasiswa, tak terkecuali masalah keuangan.

Baca juga: 6 Jurusan Kuliah Langka, tapi Mudah Dapat Kerja

Namun, kalian sadar tidak, bila mengatur keuangan itu merupakan hal yang sulit, apalagi mengaturnya di saat mengenyam bangku kuliah. Sebab, banyak orang yang tidak pandai menabung saat di masa kuliah.

Apabila tidak pandai menabung, maka akan menjadi bom waktu saat masa tua kalian.

Berdasarkan rangkuman Kompas.com, Kamis (10/12/2020), menerangkan bahwa ada enam tips agar mahasiswa tidak boros saat kuliah di perguruan tinggi. Ketika tidak boros, maka akan memberikan banyak manfaat, saat masa muda maupun tua nanti.

Mari disimak enam tips sebagai pegangan agar kalian tidak boros saat masa kuliah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Sisihkan uang jajan untuk tabungan dan dana cadangan

Bukan hanya untuk tabungan saja, uang jajan yang kalian sisihkan saat kuliah bisa digunakan untuk dana cadangan. Tujuan menyimpan dana cadangan itu, agar bisa tergunakan saat keadaan mendadak atau sakit.

Kalian tidak mungkin kan untuk meminta dana dadakan dari orangtua. Jadi perlu dilakukan salah satu cara ini.

2. Jauhi kegiatan berbelanja dan kuliner

Di masa kuliah, kalian harus jauhi kegiatan berbelanja dan kuliner. Hal ini demi membuat biaya hidup kalian hemat saat menjadi mahasiswa.

Uang bulanan yang diberikan orangtua, kalian harus gunakannya sebaik mungkin. Sebab, masih banyak kebutuhan penting lainnya yang harus kalian utamakan.

Baca juga: Simak 5 Manfaat Kuliah Sambil Kerja

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X