Kompas.com - 10/12/2020, 15:58 WIB

KOMPAS.com - Memang jadi kebanggan, bila seseorang telah duduk di bangku kuliah, apalagi tempat kuliahnya di perguruan tinggi negeri (PTN). Bahkan menjadi kebanggaan, bila bisa lulus memperoleh gelar sarjana dengan waktu yang cepat.

Namun, tidak semua orang bisa berada di posisi itu, seperti ada orang yang kuliah sambil kerja. Dengan tujuan, agar bisa membiayai kegiatan kuliahnya.

Baca juga: 6 Jurusan Kuliah Langka, tapi Mudah Dapat Kerja

Apabila tidak bekerja, maka dipastikan masa kuliahnya akan terhenti.

Ketika sudah bisa membayar uang kuliah sendiri dengan bekerja, maka beban orangtua terasa ringan. Apalagi, bila beban orangtua yang memiliki banyak anak, maka dampaknya sangat terasa sekali.

Melansir laman maukuliah.id, Kamis (10/12/2020), menyebutkan bahwa ada lima manfaat yang diperoleh saat kuliah sambil kerja. Selain manfaat yang bisa meringankan beban orangtua.

Adapun manfaatnya sudah terangkum seperti berikut ini:

1. Peroleh jaringan yang luas

Ketika menjalani kegiatan di kampus maupun kantor, maka kalian akan mudah bergaul dan pastinya mempunyai banyak teman. Hasilnya, maka kalian akan memperoleh banyak jaringan yang luas.

Pada saat mempunyai jaringan atau relasi yang luas, maka mempermudah jalan karirmu di masa mendatang.

2. Bisa meningkatkan kemampuan diri

Jika kalian kuliah sambil kerja, maka kemampuan diri yang dimiliki akan bertambah, seperti wawasan yang lebih luas, lebih dewasa, dan mandiri. Paling terpenting, kalian akan memiliki pemikiran atau pandangan yang lebih maju ke depan.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Kekinian untuk Kalangan Milenial

3. Satu langkah lebih maju dibanding yang lain

Kuliah sambil kerja, maka kalian akan satu langkah lebih maju dibanding teman yang lain. Memang statusnya sama dengan mahasiswa yang lain, tapi yang membedakan, kalian sudah memiliki pengalaman di dunia kerja.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.