5 Jurusan Kuliah Kekinian untuk Kalangan Milenial

Kompas.com - 09/12/2020, 15:09 WIB
YouTuber Atta Halilintar bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Twitter @IndonesiaGarudaYouTuber Atta Halilintar bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

KOMPAS.com - Ketika ditanya jurusan kuliah di zaman dulu, kebanyakan orang menginginkan memiliki cita-cita menjadi dokter, insinyur, hingga guru. Tapi, seiringnya perkembangan zaman, semua cita-cita itu mengalami perubahan.

Bahkan, beberapa tahun belakangan ini, banyak profesi baru yang muncul, mulai dari YouTuber, influencer, tata rias atau make up artist (MUA), entrepreneur, hingga vlogger.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah bagi Orang Kepribadian Tertutup

Banyaknya profesi baru ini ternyata membuat dunia pendidikan membuat beberapa jurusan kuliah yang kekinian dan bisa dinikmati oleh kalangan milenial. Jurusan kuliah ini pun dinilai cukup menjanjikan, karena bisa menciptakan lapangan pekerjaan yang baru.

Melansir laman maukuliah.id, Rabu (9/12/2020), menyebutkan bahwa setidaknya ada lima jurusan kuliah yang menjanjikan bagi kalangan milenial. Jurusan ini patut dicontoh oleh lulusan SMA atau calon mahasiswa.

Mari, kalian simak beberapa jurusan kuliah yang bisa kalian pilih.

1. Jurusan Business and Entrepreneurship

Dunia bisnis yang makin maju, membuat Jurusan Business and Entrepreneurship diminati oleh kalangan milenial. Di jurusan ini, kalian akan diajarkan terkait kreativitas di dunia bisnis, cara memaksimalkan produk, dan memberikan pelayanan jasa ke konsumen.

Bukan hanya itu, kalian pun akan mempelajari terkait penciptaan produk yang inovatif, hal itu demi produk dicintai oleh konsumen.

Apabila lulus dari jurusan ini, kalian mempunyai peluang besar untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang baru. Dengan begitu, langkah yang diciptakan kalian bisa mengerek pertumbuhan ekonomi negara.

Ada lima perguruan tinggi yang membuka jurusan ini, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Prasetiya Mulya Business School, Universitas Ciputra Surabaya, Universitas Bina Nusantara, dan Surya University.

Baca juga: Tidak Pintar Matematika, Pilih 8 Jurusan Kuliah Ini

2. Jurusan Digital Media and Communication

Kuliah di Jurusan Digital Media and Communication, kalian akan menggali ilmu terkait dunia media, sosial ekonomi, budaya, dan inovasi terbaru yang telah terjadi di dunia digital. Tak hanya itu, belajar terkait menulis dan berkomunikasi visual juga diajarkan di jurusan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X