Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2020, 15:09 WIB
Dian Ihsan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketika ditanya jurusan kuliah di zaman dulu, kebanyakan orang menginginkan memiliki cita-cita menjadi dokter, insinyur, hingga guru. Tapi, seiringnya perkembangan zaman, semua cita-cita itu mengalami perubahan.

Bahkan, beberapa tahun belakangan ini, banyak profesi baru yang muncul, mulai dari YouTuber, influencer, tata rias atau make up artist (MUA), entrepreneur, hingga vlogger.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah bagi Orang Kepribadian Tertutup

Banyaknya profesi baru ini ternyata membuat dunia pendidikan membuat beberapa jurusan kuliah yang kekinian dan bisa dinikmati oleh kalangan milenial. Jurusan kuliah ini pun dinilai cukup menjanjikan, karena bisa menciptakan lapangan pekerjaan yang baru.

Melansir laman maukuliah.id, Rabu (9/12/2020), menyebutkan bahwa setidaknya ada lima jurusan kuliah yang menjanjikan bagi kalangan milenial. Jurusan ini patut dicontoh oleh lulusan SMA atau calon mahasiswa.

Mari, kalian simak beberapa jurusan kuliah yang bisa kalian pilih.

1. Jurusan Business and Entrepreneurship

Dunia bisnis yang makin maju, membuat Jurusan Business and Entrepreneurship diminati oleh kalangan milenial. Di jurusan ini, kalian akan diajarkan terkait kreativitas di dunia bisnis, cara memaksimalkan produk, dan memberikan pelayanan jasa ke konsumen.

Bukan hanya itu, kalian pun akan mempelajari terkait penciptaan produk yang inovatif, hal itu demi produk dicintai oleh konsumen.

Apabila lulus dari jurusan ini, kalian mempunyai peluang besar untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang baru. Dengan begitu, langkah yang diciptakan kalian bisa mengerek pertumbuhan ekonomi negara.

Ada lima perguruan tinggi yang membuka jurusan ini, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Prasetiya Mulya Business School, Universitas Ciputra Surabaya, Universitas Bina Nusantara, dan Surya University.

Baca juga: Tidak Pintar Matematika, Pilih 8 Jurusan Kuliah Ini

2. Jurusan Digital Media and Communication

Kuliah di Jurusan Digital Media and Communication, kalian akan menggali ilmu terkait dunia media, sosial ekonomi, budaya, dan inovasi terbaru yang telah terjadi di dunia digital. Tak hanya itu, belajar terkait menulis dan berkomunikasi visual juga diajarkan di jurusan ini.

Apalagi hidup di era modern saat ini, pastinya media digital berkembang pesat, sehingga peluang karir dari jurusan ini pun terbuka luas. Lalu ditambah lagi dengan gaya industri kreatif yang membutuhkan professional komunikasi yang bisa didatangkan dari jurusan ini.

Bagi kalian yang ingin mengambil jurusan ini, maka bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi Prasetiya Mulya Business School, The London School of Public Relation (LSPR), dan La Salle College Jakarta.

3. Jurusan Make Up Artist atau Tata Rias

Menjadi make up artist (MUA) pada saat ini merupakan pilihan yang tepat, karena profesi itu sedang mengalami peningkatan. Bagi yang menjadi profesi ini, maka kalian harus mengambil Jurusan Make Up Artist.

Dari jurusan ini, kalian akan mengunyah ilmu terkait struktur wajah, jenis alat kecantikan, dan teknik merias wajah dengan benar. Ada hal yang lebih menarik di jurusan ini, kalian juga akan memperoleh ilmu tata rias rambut, penataan rambut, serta perawatan kulit.

Setidaknya ada empat perguruan tinggi yang menawarkan jurusan ini, yakni Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Universitas Negeri Malang (UNM), dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com