Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kampus Swasta Islam Terhijau di Indonesia Versi UI GreenMetric 2020

Kompas.com - 09/12/2020, 10:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa hari ini, Universitas Indonesia (UI) GreenMetric World University Rankings mengumumkan peringkat perguruan tinggi sedunia untuk bidang lingkungan berkelanjutan.

Adapun pengumuman peringkat itu dilakukan secara virtual pada, Senin (7/12/2020). Dalam pemeringkatan itu, ada 912 universitas dari 84 negara di dunia.

Sedangkan di tanah air, ada 10 kampus terhijau di Indonesia hasil dari UI GreenMetric World University Rankings. Dari 10 besar itu, ada satu perguruan tinggi swasta (PTS) Islam yang masuk.

Ternyata, Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menduduki peringkat 8 nasional. Posisi ini mempertahankan raihan tahun lalu.

Baca juga: 10 Kampus Terhijau di Indonesia, UGM Peringkat Berapa?

Tak hanya itu saja, dari 10 besar itu juga sekaligus menahbiskan UII sebagai kampus swasta dan Islam paling lestari di Indonesia.

Melansir laman UII, Rektor UII Prof. Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D., mengungkapkan bahwa beragam ikhtiar dilakukan oleh UII dalam rangka mewujudkan kampus lestari baik dari sisi desain, infrastruktur, energi, serta isu kelestarian lingkungan.

Wujud nyata UII menjadi kampus berkelanjutan adalah keberadaan dua embung yang terus memberikan efek kebermanfaatan. Dua embung tersebut juga menunjang ekosistem yang ada.

Secara global, UII berada di peringkat 112 di antara 912 perguruan tinggi yang tersebar di 84 negara. Jumlah kampus ini bertambah dari tahun lalu yang hanya 780 perguruan tinggi.

Nilai yang diraih oleh UII juga mengalami kenaikan dari 6.925 di tahun 2019 dan sekarang menjadi 7.375.

Untuk indikator yang dinilai antara lain:

  • pengaturan dan infrastruktur
  • energi dan perubahan iklim
  • limbah
  • air
  • transportasi
  • pendidikan dan penelitian

Hampir semua indikator tersebut UII mengalami kenaikan poin.

UI GreenMetric adalah salah satu program dari Universitas Indonesia untuk menilai universitas berdasarkan komitmen dan tindakan universitas terhadap penghijauan dan keberlanjutan lingkungan.

Berikut daftar peringkat 10 kampus terhijau di Indonesia bersi UI GreenMetric 2020:

1. Universitas Indonesia

2. Universitas Diponegoro

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com