Kompas.com - Diperbarui 05/10/2022, 16:38 WIB

KOMPAS.com - Meski pendaftaran kuliah masih akan berlangsung tahun depan, tetapi memikirkan jurusan atau program studi (prodi) baiknya dilakukan mulai dari sekarang.

Kuliah di jurusan yang tepat, sesuai dengan minat dan bakat, akan memberikan kamu banyak keuntungan. Minat akan membuat kamu tetap semangat saat menghadapi perkuliahan sulit, sedangkan bakat akan membuat kamu lebih mudah mengembangkan ilmu yang didapat.

Sebagai anak IPA, ada banyak prodi yang bisa dipilih. Namun, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan prodi yang masih jarang diminati, tetapi lulusannya banyak dibutuhkan.

Baca juga: 9 Pekerjaan Bersinar di 2024, Lulusan dari Jurusan Ini Banyak Dibutuhkan

Merangkum laman Pintek.id, walaupun tidak terlalu diprioritaskan oleh calon mahasiswa, daftar jurusan berikut ini memiliki prospek masa depan yang cerah:

1. Teknologi Hasil Perikanan

Teknologi Hasil Perikanan termasuk dalam jurusan yang jarang diminati tapi dibutuhkan. Padahal, dua pertiga kawasan Tanah Air kita adalah lautan yang potensi perikanannya seharusnya dimaksimalkan.

Di jurusan ini kamu akan belajar untuk menerapkan teknologi modern dalam sektor perikanan agar memberikan manfaat yang lebih optimal.

Kamu juga akan mendapatkan materi perkuliahan yang berhubungan dengan bisnis perikanan, manajemen industri, hingga proses setelah panen pada industri perikanan. Itulah mengapa jumlah para ahli terkait sektor perikanan harus tercukupi.

Baca juga: Erick Thohir Sebut 9 Pekerjaan Bakal Hilang di 2030, Ada Pekerjaanmu?

Setelah lulus kamu dapat memilih berbagai profesi untuk meniti karier, baik di perusahaan swasta maupun sebagai staf pada instansi pemerintah, seperti Kemenristek serta Kementerian Kelautan dan Perikanan.

2. Ilmu Kehutanan

Materi yang akan kamu pelajari di jurusan ini berkaitan dengan ekologi, teknologi hasil hutan, serta konservasi hutan.

Jurusan ini paling tepat untuk para pencinta alam, terutama yang hobi bertualang di gunung maupun lanskap hutan lainnya. Keindahan gunung, termasuk hutan-hutan di dalamnya, tidak hanya ada untuk dinikmati, tetapi untuk dipelihara dengan baik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.