Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tips agar Mahasiswa Tidak Boros Saat Kuliah

KOMPAS.com - Pada saat menjadi mahasiswa, pastinya memiliki tanggung jawab yang luar biasa. Biasanya, untuk melakukan kegiatan sehari-hari dibantu oleh orangtua, kini dikerjakan sendiri.

Keadaan itu membuat kalian mengatur semua hal saat menjadi mahasiswa, tak terkecuali masalah keuangan.

Namun, kalian sadar tidak, bila mengatur keuangan itu merupakan hal yang sulit, apalagi mengaturnya di saat mengenyam bangku kuliah. Sebab, banyak orang yang tidak pandai menabung saat di masa kuliah.

Apabila tidak pandai menabung, maka akan menjadi bom waktu saat masa tua kalian.

Berdasarkan rangkuman Kompas.com, Kamis (10/12/2020), menerangkan bahwa ada enam tips agar mahasiswa tidak boros saat kuliah di perguruan tinggi. Ketika tidak boros, maka akan memberikan banyak manfaat, saat masa muda maupun tua nanti.

Mari disimak enam tips sebagai pegangan agar kalian tidak boros saat masa kuliah.

1. Sisihkan uang jajan untuk tabungan dan dana cadangan

Bukan hanya untuk tabungan saja, uang jajan yang kalian sisihkan saat kuliah bisa digunakan untuk dana cadangan. Tujuan menyimpan dana cadangan itu, agar bisa tergunakan saat keadaan mendadak atau sakit.

Kalian tidak mungkin kan untuk meminta dana dadakan dari orangtua. Jadi perlu dilakukan salah satu cara ini.

2. Jauhi kegiatan berbelanja dan kuliner

Di masa kuliah, kalian harus jauhi kegiatan berbelanja dan kuliner. Hal ini demi membuat biaya hidup kalian hemat saat menjadi mahasiswa.

Uang bulanan yang diberikan orangtua, kalian harus gunakannya sebaik mungkin. Sebab, masih banyak kebutuhan penting lainnya yang harus kalian utamakan.

3. Harus punya dua rekening

Jika hanya punya satu rekening saat kuliah, maka berpotensi boros. Untuk itu, kalian setidaknya mempunyai dua rekening.

Bila memiliki dua rekening yang berbeda, maka kalian bisa lebih mengerem keuangan. Meski mengerem, kalian tetap harus bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

4. Gunakan diskon bagi mahasiswa

Menjadi mahasiswa, biasanya kalian akan memperoleh diskon-diskon yang menarik. Maka dari itu, kesempatan tersebut jangan sampai dilewatkan.

Ketika bisa memanfaatkan diskon, maka kalian akan tidak boros di masa kuliah. Biasanya diskon yang ditawarkan, seperti buku, perlengkapan kuliah, makanan, dan sebagainya.

5. Bikin catatan keuangan

Catatan keuangan saat masa kuliah sangat diperlukan. Langkah itu demi mengerem semua pengeluaran yang tidak bermanfaat bagi kalian.

Selain itu, catatan keuangan berguna untuk mengetahui pengeluaran apa saja yang sudah kalian keluarkan.

6. Bawa bekal atau makanan

Bila hidup tanpa orangtua, memang sulit bagi mahasiswa untuk membawa bekal atau makanan ke bangku kuliah. Namun, kalian harus melakukan cara ini demi tidak boros saat kuliah.

Dengan begitu, kalian tidak perlu membeli makanan yang serba mahal di cafe atau warung makanan di dalam maupun luar kampus.

Nah, itulah enam tips yang bisa kalian lakukan agar tidak boros saat berada di bangku kuliah. Rasakan manfaatnya sejak dini, hingga masa tua nanti.

Mari mencoba, pastikan semua cara itu jangan terlewati.

https://www.kompas.com/edu/read/2020/12/10/165136871/6-tips-agar-mahasiswa-tidak-boros-saat-kuliah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke