5 Kegiatan Bermain bisa Kembangkan Bahasa Lisan Anak Usia Dini

Kompas.com - 09/09/2020, 13:36 WIB
Ilutsrasi anak bermain mainan. todaysparent.comIlutsrasi anak bermain mainan.
|

KOMPAS.com - Saat anak masih usia dini, pasti suka bermain. Tapi dengan bermain anak juga bisa belajar banyak hal, salah satunya dapat mengembangkan bahasa lisannya.

Tetapi, bagaimana kegiatan itu agar bisa menarik minat anak? Apa yang bisa dilakukan oleh orang tua?

Merangkum laman Ruang Guru PAUD Kemendikbud, berikut ini kegiatan bermain dengan anak usia dini dapat mengembangkan bahasa lisan:

1. Bermain balok

Saat anak bermain balok, maka ada banyak hal yang bisa diperolehnya. Orang tua bisa membandingkan, menjelaskan, lalu mengembangkan kemampuan kosa kata yang berkaitan dengan berbagai bentuk.

Baca juga: Anak Suka Bertanya? Itu Naluri Ilmuwan Mulai Tumbuh

Misal bentuk bangunan, menara, jembatan atau struktur alam seperti pohon, batu dan gunung. Ini untuk belajar kosakata tentang struktur.

Bermain mengembangkan bahasa ketika anak-anak berbicara bersama Anda, membandingkan, menjelaskan dan memberi nama pada struktur-struktur yang telah diciptakan oleh mereka.

2. Bermain drama

Coba gunakan pakaian, aksesoris, nyanyian, tarian yang dapat mendramakan suatu cerita sehingga disukai anak.

Bermain seperti ini, melibatkan anak dalam mengalami pelibatan bahasa dan membantu mereka mengerti perlunya membaca untuk memahami sesuatu.

3. Menyanyi bersama anak

Musik dan nyanyian adalah hal yang penting dalam mengembangkan pengenalan bunyi dan suara, khususnya yang digunakan untuk mengucapkan huruf.

Selain itu menyanyikan lagu yang memuat irama dan cerita dapat membantu anak untuk mempelajari huruf baru sebagaimana mereka memahami irama dan isi lagu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X