Kompas.com - 09/09/2020, 17:15 WIB
Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Universitas Brawijaya (UB) Aulanni’am dalam acara Bincang Santai Bersama Pakar UB (Bonsai) di Gedung Rektorat Universitas Brawijaya (UB), Kamis (27/2/2020). KOMPAS.COM/ANDI HARTIKWakil Rektor 1 Bidang Akademik Universitas Brawijaya (UB) Aulanni’am dalam acara Bincang Santai Bersama Pakar UB (Bonsai) di Gedung Rektorat Universitas Brawijaya (UB), Kamis (27/2/2020).

KOMPAS.com - Universitas Brawijaya (UB) menerima sebanyak 5.599 mahasiswa baru lewat jalur Mandiri. Jumlah itu datang dari program studi I dan II dengan jumlah peminat sebanyak 83.290 orang.

Dari total peminat, kelompok dari saintek banyak datang dari program studi Pendidikan Dokter sebanyak 6.126 orang. Sementara kelompok sosial humaniora (soshum), peminat banyak datang dari program studi Ilmu Hukum sebanyak 4.322 orang.

Baca juga: Universitas Brawijaya Peroleh Dana Hibah Penelitian Covid-19 dari Inggris

Wakil Rektor I Universitas Brawijaya, Aulanni’am mengatakan, jalur mandiri di tahun ini berbeda dengan tahun-tahun yang sebelumnya, karena tak ada tes tulis.

Hanya saja, seleksi jalur ini menggunakan nilai ujian tulis berbasis komputer (UTBK) atau nilai rapor, dan ditambah dengan prestasi akademik dan non akademik.

"Penilaian jalur seleksi mandiri tahun ini adalah dari nilai UTBK atau nilai rapor, ditambah prestasi lain yang dibuktikan dengan sertifikat prestasi seperti juara seni, olahraga, dan Tahfiz Qur’an," ucapnya dalam keterangan resmi yang diperoleh dari laman Universitas Brawijaya, Rabu (9/9/2020).

Mahasiswa baru yang telah diterima harus mengikuti tes kesehatan untuk beberapa fakultas yang telah memberi syarat, seperti Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kedokteran Gigi (FKH), dan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasil seleksi jalur mandiri Universitas Brawijaya, sambung dia, telah diumumkan pada Minggu, 30 Agustus 2020. Bagi yang belum diterima masih mendapatkan kesempatan diterima sebagai cadangan. Pengumuman diterima atau tidaknya cadangan pada 4 September 2020.

Dia menambahkan, terkait pendaftaran ulang dan biaya pendidikan bagi mahasiswa baru yang diterima, bisa dilihat di laman: https://selma.ub.ac.id.

Universitas Brawijaya memiliki 16 Fakultas, terdiri dari Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Baca juga: Alur Pendaftaran Seleksi Mandiri 2020 Universitas Brawijaya

Lalu ada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kedokteran Hewan (FKH), Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), dan Pascasarjana Universitas Brawijaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.