Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara-Negara dengan Indeks Demokrasi Tertinggi

Kompas.com - 17/11/2023, 16:00 WIB
Rebeca Bernike Etania,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Demokrasi merupakan bentuk sistem pemerintahan yang membuat setiap warga negara memiliki hak setara dalam proses pengambilan keputusan.

Oleh karena itu, sistem ini seringkali dianggap sebagai sistem pemerintahan yang paling optimal karena mampu mengakomodasi beragam kepentingan dan aspirasi masyarakat.

Sejalan dengan prinsip tersebut, The Economist, media ternama Amerika Serikat, melalui lembaga risetnya, yaitu Economist Intelligence Unit (EIU), secara berkala merilis laporan  Democracy Index untuk mengevaluasi keadaan demokrasi di 167 negara di seluruh dunia.

Publikasi ini pertama kali diperkenalkan pada 2006 dan menjadi suatu sumber informasi tahunan yang dinantikan.

Democracy Index

Berdasarkan hasil laporan 2022, EIU mencatat bahwa skor indeks demokrasi global mencapai 5,29 poin dari nilai maksimum 10 poin.

Perkembangan ini hanya menunjukkan peningkatan sebesar 0,01 poin dari pencapaian tahun sebelumnya, yaitu 5,28 poin.

Skor indeks demokrasi global dihitung melalui evaluasi terhadap 60 pertanyaan yang terbagi dalam lima indikator, mencakup proses pemilihan umum dan pluralisme, kinerja pemerintahan, partisipasi politik, budaya politik, dan kebebasan sipil.

Dalam laporan ini disebutkan bahwa hampir setengah (45,3%) dari populasi dunia hidup dalam negara demokrasi, sedangkan lebih dari sepertiga (36,9%) tinggal di bawah pemerintahan yang bersifat otoriter.

Temuan riset menunjukkan adanya beberapa negara dengan sistem demokrasi penuh, di mana kebebasan sipil dan partisipasi politik tidak hanya dihormati, tetapi juga diperkuat oleh budaya politik yang matang dan kondusif.

Sementara itu, Indonesia mencatatkan skor indeks demokrasi sebesar 6,71 poin, dianggap sebagai demokrasi yang tidak optimal.

Posisi Indonesia menurun dua peringkat menjadi peringkat ke-54 secara global pada tahun 2022 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Berikut adalah daftar negara-negara yang mendapatkan skor indeks demokrasi tertinggi di dunia.

Baca juga: Mencegah Proyeksi Suram Demokrasi

Norwegia

Norwegia menempati posisi paling tinggi dalam indeks demokrasi global pada 2022 dengan skor sebesar 9,81 poin.

Dengan demikian, Norwegia berhasil mengukuhkan reputasinya sebagai negara paling demokratis di dunia.

Analisis yang dilakukan oleh Economist Intelligence Unit (EIU) menunjukkan komitmen yang kuat dari Norwegia terhadap demokrasi telah tercermin dari pencapaian nilai sempurna pada tiga indikator utama, yaitu proses pemilihan umum dan pluralisme, partisipasi politik, serta budaya politik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com