Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/05/2024, 12:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Umumnya, susu berwarna putih, baik susu hewani maupun nabati. Namun, ada yang mengatakan bahwa susu kuda nil (Hippopotamus amphibius) berwarna merah muda. Benarkah demikian?

Warna susu kuda nil

Faktanya, sama seperti susu mamalia lainnya, susu kuda nil sebenarnya berwarna putih atau krem. Rebecca Lewison, profesor biologi di San Diego State University, mengatakan bahwa hal itu hanya rumor, dan ia belum pernah melihat susu hewan berwarna pink.

Adapun yang benar adalah 'keringat' kuda nil berwarna merah muda. Ada beberapa teori menarik tentang senyawa apa yang ada di dalamnya.

Lewison menjelaskan, sebenarnya, ini bukan keringat melainkan sekresi kulit yang merupakan kombinasi dari tabir surya dan senyawa antibiotik dan antimikroba.

Keringat kuda nil adalah cairan berminyak yang dikeluarkan oleh kelenjar lendir hewan. Meskipun kadang-kadang disebut sebagai keringat merah atau keringat darah, ini bukanlah darah atau keringat, melainkan kombinasi asam hipposudorat dan asam nor-hipposudorat. Kedua zat ini berperan penting dalam melindungi kesehatan kuda nil.

Baca juga: Apakah Kuda Nil Memangsa Manusia?

Lewison menambahkan, pigmen merah dan oranye merupakan senyawa aromatik non-benzenoid yang bersifat asam dan memiliki sifat antibiotik serta tabir surya.

Zat ini melembabkan kulit, menjaga hewan tetap sejuk, dan melindunginya dari bakteri berbahaya. Kuda nil bersifat amfibi dan menghabiskan hingga 16 jam sehari di air yang berlumpur dan keruh, sehingga sekresi ini meminimalkan risiko infeksi.

Kuda nil selalu mengalami goresan dan luka, namun luka tersebut tampak sembuh dengan bersih meskipun hewan tersebut selalu mandi di lumpur.

Sekresi kental ini secara bertahap berubah menjadi merah, merah muda, atau oranye seiring dengan polimerisasi pigmen di bawah sinar matahari. Setelah beberapa jam, warnanya berubah menjadi coklat.

Sekresi ini mungkin kemudian bercampur dengan susu saat bayi kuda nil sedang menyusu, yang dapat memberi warna merah muda pada susu, menurut Lewison.

Selain itu, jika ada warna merah muda di susu kuda nil, berarti mungkin ada masalah yang melibatkan darah pada tubuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com