Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Terong Ungu Bermanfaat untuk Jantung?

Kompas.com - 29/02/2024, 14:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Terong, meski sering dianggap sebagai sayuran, secara teknis adalah buah karena tumbuh dari tanaman berbunga dan mengandung biji.

Ada banyak varietas terong dengan variasi ukuran dan warna. Adapun yang paling umum adalah terong dengan kulit ungu tua.

Terong memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Pasalnya, terong adalah makanan padat nutrisi yang mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat dengan sedikit kalori.

Terong kaya akan antioksidan

Selain mengandung berbagai vitamin dan mineral, terong juga memiliki antioksidan yang tinggi.

Antioksidan adalah zat yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh zat berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas.

Baca juga: 5 Manfaat Terong, Salah Satunya Bisa Bantu Diet

Terong sangat kaya akan antosianin, sejenis pigmen dengan sifat antioksidan yang bertanggung jawab atas warna cerahnya. Secara khusus, antosianin dalam terong, yang disebut nasunin, sangat bermanfaat untuk kesehatan. Faktanya, beberapa penelitian tabung reaksi telah mengonfirmasi bahwa nasunin efektif dalam melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas berbahaya.

Terong dapat mengurangi risiko penyakit jantung

Berkat kandungan antioksidannya, beberapa penelitian menyebut terong dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian, kelinci dengan kolesterol tinggi diberi 10 ml jus terong setiap hari selama dua minggu. Hasilnya, kelinci tersebut memiliki kadar kolesterol jahat dan trigliserida yang lebih rendah, yakni dua penanda darah yang dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung.

Sementara hasil ini menjanjikan, penting untuk dicatat bahwa penelitian saat ini masih terbatas pada hewan dan penelitian tabung. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com