Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Manfaat Makan Jamur untuk Kesehatan Jantung?

Kompas.com - 21/09/2023, 15:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Makan makanan yang sehat dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit, seperti penyakit jantung. Salah satunya manfaat makan jamur untuk kesehatan jantung.

Manfaat makan jamur diyakini dapat memberikan nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung.

Faktor risiko penyakit jantung dapat dialami seseorang karena berbagai hal, namun salah satunya terkait dengan pilihan gaya hidup.

“Berfokus pada pola makan yang meningkatkan kesehatan jantung adalah penting karena berbagai alasan, termasuk penyakit jantung tetap menjadi salah satu penyebab utama kematian di tingkat global,” ungkap Elizabeth Shaw, MS, RDN, ahli diet terdaftar.

Untungnya pola makan yang menyehatkan jantung tidak harus terasa hambar atau membosankan.

Baca juga: Apakah Manfaat Makan Buah dan Sayur untuk Kesehatan?

Contohnya dengan menambahkan makanan yang baik seperti jamur ke dalam pola makan dapat membantu mendukung kesehatan jantung.

"Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa jamur sederhana memiliki manfaat nutrisi unik yang menjadikannya tambahan yang bagus untuk diet sehat jantung," papar Shaw.

Manfaat makan jamur untuk jantung

Berikut manfaat makan jamur untuk kesehatan jantung seperti dikutip dari Very Well Health, Rabu (20/9/2023).

  • Jamur mengandung antioksidan unik

Kebanyakan jamur mengandung asam amino, namun varietas jamur tiram raja, maitake, tiram, dan shitake adalah beberapa jenis dengan kandungan ergothioneine tertinggi.

Ergothioneine dalam jamur dikaitkan dengan kadar trigliserida yang lebih rendah dan dapat membantu mencegah pembentukan plak arteri, penyebab utama penyakit jantung.

Baca juga: Apakah Manfaat Lemon dan Jeruk Nipis Sama?

 

Sebuah penelitian menunjukkan hubungan langsung antara asupan ergothioneine dari makanan dan fungsi kardiovaskular yang lebih baik.

Studi tersebut juga menyebutkan bahwa kadar ergothioneine plasma yang lebih tinggi mungkin menunjukkan rendahnya risiko kematian dini akibat penyakit jantung atau pembuluh darah.

  • Jamur kaya serat

Jamur memiliki dua jenis serat, tidak larut dalam air dan larut dalam air. Kedua jenis serat tersebut diperlukan untuk tubuh, tetapi serat larut memiliki beberapa manfaat kesehatan jantung yang unik.

Beta-glukan adalah sejenis serat larut yang ditemukan pada jamur yang membentuk zat seperti gel di saluran pencernaan.

Baca juga: Apakah Manfaat Minum Air Mineral untuk Tubuh?

Gel tersebut “menangkap” kolesterol dan trigliserida, sehingga mencegahnya diserap oleh tubuh selama proses pencernaan. Proses ini, pada gilirannya, membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

  • Mengandung Vitamin D

Banyak orang memiliki kadar vitamin D yang rendah. Padahal kekurangan vitamin D dikaitkan dengan banyak masalah yang berhubungan dengan jantung, termasuk penyakit arteri koroner, gagal jantung, dan fibrilasi atrium.

Hanya sedikit makanan yang secara alami mengandung vitamin D di dalamnya, tetapi jamur memilikinya.

Semua jamur mengandung sejumlah vitamin D, dan beberapa jenis jamur sebenarnya ditanam dengan paparan sinar UV tambahan untuk menambah vitamin D.

Baca juga: Apakah Manfaat Rasa Pedas pada Cabai?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com