Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Tidur Memakai Bra Bisa Cegah Payudara Kendur?

Kompas.com - 18/09/2023, 21:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Tidur dengan memakai bra memiliki kelebihan dan kekurangan. Pada akhirnya, mengenakan bra saat tidur atau tidak adalah pilihan pribadi, yang bergantung pada kebutuhan dan preferensi masing-masing.

Salah satu yang banyak dipertanyakan terkait hal ini adalah apakah memakai bra saat tidur bisa mencegah payudara kendur dan membuat payudara tetap kencang?

Sebelum diketahui lebih lanjut, perlu dicatat bahwa tidak ada bukti ilmiah bahwa tidur dengan bra mempunyai konsekuensi kesehatan jangka panjang atau dampak apa pun pada ukuran, bentuk, atau posisi payudara.

Memakai bra saat tidur untuk cegah payudara kendur

Dilansir dari Healthline, usia dapat berdampak pada bentuk payudara dan, secara alami, payudara akan kendur seiring berjalannya waktu. Ini merupakan hal yang normal, dan mengenakan bra saat tidur tidak terlalu membantu untuk menghindari hal tersebut.

Baca juga: Studi Ungkap Polusi Udara Juga Ganggu Kualitas Tidur

Ligamen Cooper, juga disebut ligamen suspensori (ligamen yang menopang payudara), meregang seiring waktu sehingga menyebabkan payudara kendur.

Berikut adalah beberapa hal umum yang menyebabkan payudara kendur:

  • Genetika: Ciri-ciri seperti elastisitas kulit, ukuran payudara, dan kepadatan jaringan dapat berperan dalam penampilan payudara seiring berjalannya waktu.
  • Berat badan: Menambah dan menurunkan berat badan secara terus-menerus dapat menyebabkan hilangnya elastisitas payudara.
  • Perubahan hormonal selama menopause: Menopause menyebabkan penurunan estrogen, yang dapat menyebabkan jaringan payudara kehilangan elastisitas.
  • Kehamilan dan menyusui: Karena payudara tumbuh selama kehamilan, kemungkinan besar jaringan payudara akan meregang dan ligamen menjadi kendur.
  • Merokok: Nikotin dalam asap rokok menyebabkan elastin terurai di dalam tubuh sehingga menyebabkan kulit terkulai.

Baca juga: Bagaimana Dampak Kurang Tidur Pada Otak?

Jika memakai bra saat tidur tidak terlalu membantu, berikut adalah olahraga yang dapat membantu mencegah payudara kendur:

  • Pushups
  • Chest press
  • Dumbbell pullover
  • Traveling plank
  • Chest fly
  • Cobra Pose.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com