Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/09/2023, 09:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Livestrong

KOMPAS.com - Beberapa dari Anda, entah karena terlalu lelah atau kebiasaan yang sudah berlangsung lama, terkadang tertidur dengan lampu menyala.

Akan tetapi, apakah ada efek tidur dengan lampu menyala?

"Tidur di ruangan helap umumnya lebih baik untuk tidur dan kesehatan Anda," papar Shelby Harris, PsyD, direktur Kesehatan Tidur di Sleepopolis.

Efek tidur dengan lampu menyala

Jadi jika tidur dengan lampu menyala sudah menjadi bagian dari kebiasaan Anda, ini yang perlu diketahui tentang bagaimana cahaya memengaruhi seseorang saat tidur, seperti dikutip dari Live Strong, Senin (4/9/2023).

Berikut beberapa efek yang terjadi saat tidur dengan lampu menyala.

Baca juga: Apakah Efek jika Bangun Tidur Sebelum Alarm Berbunyi?

  • Membuat lebih sulit tidur

Efek tidur dengan lampu yang menyala dapat menyebabkan gangguan tidur. Cahaya adalah sinyal kuat bagi otak untuk menandai sudah saatnya bangun. Di sisi lain, kegelapan memberi tahu otak waktunya tidur.

Menurut National Center for Complementary and Integrative Health ini karena cahaya menekan sekresi melatonin, hormon yang dipompa otak saat gelap. Hormon tersebut membantu tidur dan mengatur siklus bangun-tidur, yang juga dikenal sebagai jam internal tubuh.

Selain itu, cahaya merangsang otak, sehingga lebih sulit untuk bersantai sebelum tidur.

“Menyalakan lampu bisa membuat Anda sulit mengantuk dan tertidur sehingga memengaruhi kualitas dan durasi tidur,” papar Harris.

Penelitian sebelumnya dalam ‌The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism‌ menemukan bahwa orang yang terkena cahaya ruangan selama delapan jam sebelum tidur, produksi melatoninnya lebih rendah dan pelepasannya tertunda dibandingkan dengan mereka yang terkena cahaya redup.

  • Mengganggu siklus tidur

Efek tidur dengan lampu yang menyala juga bisa mengganggu siklus tidur kita. Cahaya kamar dapat mengganggu berbagai tahapan tidur yang semuanya penting untuk mendapatkan istirahat yang cukup.

Baca juga: Apakah Efek Tidur Sambil Marah?

 

Penelitian sebelumnya di ‌Sleep Medicine‌ menemukan bahwa tidur dengan lampu di samping tempat tidur menyala mengacaukan siklus tidur, meningkatkan tidur tahap 1 (tahap awal tidur pendek dan ringan) dan mengurangi tidur gelombang lambat (tidur nyenyak).

Penelitian tambahan di ‌Chronobiology International‌ pada tahun 2019 menemukan bahwa tingkat cahaya rendah sekalipun saat mata tertutup memengaruhi ritme sirkadian Anda.

  • Memengaruhi kualitas dan durasi tidur

Meski tidur dengan mata tertutup, tetapi cahaya di dalam kamar tetap bisa memengaruhi tidur seseorang.

Tidur di area dengan paparan cahaya lebih banyak dikaitkan dengan penurunan waktu tidur karena cahaya menekan produksi melatonin, hormon yang mengatur tidur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com