Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikenal sebagai Penakluk, Begini Rute Pelayaran Bangsa Viking

Kompas.com - 05/01/2024, 11:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam waktu kurang dari 300 tahun, bangsa Viking menyerbu dan menjelajahi daratan di setidaknya empat benua.

Mereka menyebar ke segala arah mulai dari Skandinavia untuk menyerang dan berdagang dengan peradaban di seluruh Eropa dan sekitarnya.

Baca juga: Siapa Sebenarnya Bangsa Viking?

Namun sejauh mana mereka berlayar?

Ekspansi Bangsa Viking

Mengutip Live Science, Kamis (5/1/2024) pada dasarnya, motivasi terbesar bangsa Viking adalah kekuasaan dan kekayaan.

"Bangsa Viking sangat menyadari apa yang terjadi di Inggris dan benua tersebut pada saat itu," kata Alexandra Sanmark, seorang profesor arkeologi abad pertengahan di University of the Highlands and Islands, Skotlandia.

"Mereka tahu ada kekayaan yang bisa didapat, dan mereka sudah lama berdagang dengan orang-orang ini. Lalu mereka sadar bahwa mereka tidak perlu berdagang lagi. Mereka tinggal mengambil saja," ungkap Sanmark lagi.

Awalnya, armada pemuda yang terorganisir selama Zaman Viking (793 hingga 1066 M) akan berlayar dari Skandinavia selama bulan-bulan musim panas untuk melakukan penyerangan dan kembali pada musim gugur dengan membawa rampasan mereka.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu, para penakluk ini mulai menetap di wilayah baru, secara bertahap membawa keluarga untuk menciptakan pemukiman permanen dan titik persinggahan di jalur-jalur penting.

Lalu ada beberapa periode ketika bangsa Viking menguasi wilayah yang luas, kecuali Kekaisaran Laut Utara milik Raja Cnut.

Baca juga: Pernah Kuasai Greenland, Kenapa Bangsa Viking Lalu Meninggalkannya?

Ekspedisi paling awal ke arah barat akan membawa bangsa Viking ini ke Skotlandia utara, di mana mereka dengan cepat mengambil alih penduduk asli dan mendirikan pemukiman.

Dari sana pelayaran singkat lebih lanjut ke Kepulauan Hebrides dan Faroe, yang pada akhirnya memungkinkan bangsa Viking untuk berpindah pulau hingga Islandia pada tahun 870.

Yang paling mengesankan, sekitar tahun 1000 mereka melakukan pelayaran pertama melintasi Atlantik ke barat daya Greenland, sebulum akhirnya mencapai Kanada yang berjarak 3.900 kilometer dari Norwegia.

Meski pencapaian ini merupakan bukti ketrampilan luar biasa bangsa Viking sebagai pelaut dan navigator, bukti menunjukkan bahwa mereka tidak tinggal lama di pemukimana mereka di Amerika Utara.

Sebuah studi pada bulan April 2023 di jurnal Antiquity juga menemukan bahwa para penjelajah ini bahkan membawa pohon-pohon besar dari Amerika Utara untuk membangun pemukiman mereka di Greenland.

Perjalanan ke Timur

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com