Seperti Apa Galaksi Baru JWST-ER1 yang Ditemukan Teleskop James Webb?

Kompas.com - 28/09/2023, 08:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Survei langit Teleskop Luar Angkasa James Webb kembali menemukan galaksi baru. Objek baru yang ditemukan ini kemudian diberi nama JWST-ER1.

Menggunakan perangkat COSMOS-Web pada Teleskop James Webb, galaksi baru tersebut merupakan galaksi senyap yang masif dan padat.

Penemuan galaksi baru ini telah dilaporkan dalam makalah yang dipublikasikan di server pra-cetak arXiv pada 14 September 2023 lalu, dikutip dari Phys, Rabu (27/9/2023).

Kenapa disebut galaksi senyap?

Galaksi masif tersebut dilaporkan telah berhenti membentuk bintang, sehingga disebut sebagai galaksi senyap masif.

Baca juga: Seperti Apa Galaksi Monster yang Dipotret Teleskop Hubble?

Selain itu, galaksi baru ini diperkirakan merupakan cikal bakal galaksi elips raksasa. Pasalnya, objek-objek ini membentuk bintang lebih awal dan mengumpulkan massa bintang lebih cepat.

Oleh karenanya, galaksi senyap ini dapat menjadi kunci untuk meningkatkan pemahaman tentang proses evolusi galaksi.

Galaksi senyap JWST-ER1

Penemuan galaksi baru tipe ini dilaporkan tim astronom yang dipimpin oleh Pieter van Dokkum dari Yale University, dan diberi nama JWST-ER1.

Keberadaan galaksi baru ini terdeteksi Near Infrared Camera (NIRCam), perangkat kamera Teleskop James Webb, sebagai bagian dari survei yang sedang berlangsung dan mendalam terhadap 1 juta galaksi yang dikenal sebagai COSMOS-Web.