Seperti Apa Galaksi Baru yang Ditemukan Astronom Spanyol?

Kompas.com - 22/08/2023, 20:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Sebuah galaksi aktif yang baru, ditemukan oleh seorang astronom Spanyol. Galaksi ini menjadi induk dari sebuah galaksi aktif (AGN).

Galaksi baru itu ditemukan saat Elio Quiroga Rodriguez dari Mid Atlantic University, Spanyol saat ia menganalisis foto-foto Galaksi Sombrero yang ditangkap oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble, dilansir dari Phys, Selasa (22/8/2023).

Astronom ini pun berhasil mengidentifikasi sebuah objek aneh yang ternyata adalah galaksi yang menjadi induk dari AGN.

AGN adalah area yang padat di pusat galaksi, yang lebih bercahaya daripada cahaya galaksi di sekelilingnya.

Penelitian terhadap galaksi baru ini pun menunjukkan bahwa AGN sangat energik karena terdapat lubang hitam atau aktivitas pembentukan bintang di inti galaksinya.

Umumnya, para astronom akan membagi AGN dalam dua kelompok berdasarkan ciri-ciri garis emisi. AGN tipe 1 memperlihatkan garis emisi yang lebar dan sempit, sedangkan AGN tipe 2 menunjukkan garis emisi yang sempit.

Baca juga: Seperti Apa Galaksi Monster yang Dipotret Teleskop Hubble?

Kendati demikian, temuan galaksi baru yang telah dilapokan dalam makalah yang dipublikasikan 11 Agustus lalu di server pra-cetak arXiv itu, hasil penelitian menunjukkan beberapa AGN bertransisi di antara tipe spektrum yang berbeda, sehingga dijuluki sebagai AGN dengan tampilan yang berubah-ubah.

Analisis foto Galaksi Sombrero

Rodriguez menyelidiki dan menganalisis foto-foto Galaksi Sombrero yang ditangkap Teleskop Hubble. Ia memfokuskan analisisnya pada satu objek tertentu di dalam lingkaran cahaya galaksi tersebut.

Selanjutnya, ia menemukan kalau objek yang sebelumnya diklasifikasi sebagai kandidat gugus globular, ternyata adalah galaksi spiral berpalang dengan AGN di pusatnya.

Dalam studi itu, peneliti mencatat, saat mereka mempelajari citra teleskop Hubble yang tersedia di situs HST Legacy dari halo M104 (proposal HST 9714, PI: Keith Noll), penulis mengamati pada pukul 12:40:07.829 - 11:36:47.38 (di j2000) sebuah objek berdiameter sekitar empat detik busur.

Sebuah studi dengan alat VO menunjukkan, objek tersebut adalah galaksi SBc dengan AGN (Seyfert).