Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/08/2023, 11:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Kolagen telah dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama untuk kulit

Salah satu manfaat kolagen yang paling populer adalah untuk mencegah penuaan pada kulit. 

Kolagen adalah salah satu protein penting yang secara alami ada di dalam tubuh.

Dilansir dari Healthline, Minggu (20/8/2023) ada 28 jenis kolagen yang diketahui, tetapi kolagen tipe I menyumbang 90% kolagen dalam tubuh manusia

Kolagen tipe I merupakan kolagen yang membantu membangun dan memelihara jaringan ikat pada otot, kulit, tulang, dan tulang rawan, meningkatkan kelenturan dan mendukung sel, jaringan, dan organ.

Kolagen dapat ditemukan di jaringan ikat, kulit, tendon, tulang, dan tulang rawan. Ini memberikan dukungan struktural untuk jaringan dan memainkan peran penting dalam proses seluler.

Manfaat kolagen bagi tubuh kita adalah membantu memberikan tampilan yang bercahaya, awet muda, dan kencang pada kulit kita.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Mengonsumsi Daging Kambing?

Manfaat kolagen untuk kulit

Namun, apakah kolagen hanya bermanfaat sebagai anti penuaan atau masih ada fungsi lainnya?

Manfaat kolagen yang pertama adalah mencegah penuaan kulit. Dikutip dari Live Science, fungsi kolagen sangat penting untuk memberikan elastisitas kulit. Itu membuat kulit terlihat lebih penuh, kencang dan halus.

Sayangnya, seiring bertambahnya usia, tubuh akan menghasilkan lebih sedikit kolagen, menyebabkan munculnya keriput dan kulit yang kendur.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Plastic and Aesthetic Research, menunjukkan produksi kolagen menurun 1 persen menjadi 1,5 persen sejak awal masa dewasa.

Pilihan gaya hidup dapat memengaruhi produksi kolagen, seperti halnya polusi di atmosfer, seperti asap tembakau dan radikal bebas, karena dapat merusak kadar kolagen.

Oleh karenanya, manfaat kolagen sangat penting, sehingga untuk menunda penururan kadar kolagen tubuh, dapat dilakukan dengan meningkatkan kadarnya.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Wanita?

 

 

 

Akan tetapi masih ada perdebatan apakah krim perawatan tubuh atau suplemen topikal bisa berfungsi untuk menunda penurunan kadar kolagen.

Menurut National Eczema Association, tidak ada cukup bukti yang menunjukkan bahwa suplemen kolagen meningkatkan penampilan kulit, meskipun semakin populer.

  • Efek anti-oksidan

Dokter kulit bersertifikat Dr. Alison Ehrlich mengatakan manfaat peptida kolagen dapat memberikan efek anti-oksidan pada kulit. Sehingga ini dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas yang bertanggung jawab untuk memecah kolagen di kulit.

  • Penyembuhan luka

Manfaat kolagen juga memiliki efek yang kuat pada penyembuhan luka, sehingga bubuk kolagen merupakan perawatan penting dalam terapi penyembuhan luka tingkat lanjut.

"Kolagen tampaknya memberi efek pada luka dengan meningkatkan aktivitas fibroblas dermal yang menyebabkan peningkatan sintesis kolagen," kata Ehrlich.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com