Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/03/2023, 15:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Buah delima atau yang juga dikenal sebagai pomegranate atau buah pome ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Dikutip dari Britannica, Kamis (30/3/2023), buah ini memiliki nama latin Punica granatum, kelompok pohon kecil dari famili Lythraceae.

Meski kini buah tersebut dapat ditemukan di banyak negara, namun buah delima secara umum dianggap sebagai tanaman asli Iran dan negara-negara tetangganya. Bahkan telah dibudidayakan sangat lama di kawasan Mediterania, Jazirah Arab, Afghanistan hingga India.

Manfaat sehat buah delima

Buah delima yang sebagian besar dibudidayakan di lingkungan kering ini ternyata kaya kandungan air dan nutrisi penting yang baik untuk dikonsumsi.

Apalagi di momen puasa Ramadan, buah yang kaya air sangat bermanfaat agar tubuh dapat terus terhidrasi dengan baik. Buah delima juga disebutkan dalam Al Quran, selain kurma dan buah ara atau buah tin.

Lantas, apa saja manfaat buah delima untuk kesehatan, terutama jika dikonsumsi selama puasa?

Baca juga: Apa Saja Manfaat Buah Pisang untuk Sahur dan Berbuka Puasa?

Dilansir dari Healthline, delima adalah buah yang rendah kalori dan lemak, tetapi kaya akan serat, vitamin dan mineral. Berikut beberapa manfaat buah delima bagi kesehatan.

1. Kaya antioksidan untuk mencegah penyakit kronis

Senyawa antioksidan sangat kaya dalam satu buah delima. Seperti diketahui selama ini, antioksidan adalah senyawa yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Buah delima mengandung antioksidan yang tinggi dan senyawa polifenol yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel. Senyawa bioaktif yang ada dalam buah di antaranya punicalagins, anthocyanin, dan tanin terhidrolisis.

2. Manfaat buah delima mencegah peradangan

Peradangan adalah respons tubuh yang normal terhadap infeksi dan cedera. Kendati demikian, peradangan kronis bisa menjadi masalah serius jika tidak segera tertangani dengan baik, sebab hal itu dapat memicu berbagai kondisi penyakit kronis.

Manfaat buah delima yang mengandung senyawa punicalagins, dibuktikan dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Nutrients menunjukkan senyawa ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi dalam penelitian tabung reaksi dan hewan.

Studi lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan manfaat senyawa antioksidan dalam buah delima ini terhadap manusia.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com