Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Sehat Mana Minum Air Dingin atau Hangat?

Kompas.com - 30/03/2023, 03:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Pharmeasy


KOMPAS.com - Minum air adalah kebutuhan harian yang sangat penting, agar tubuh dapat terhidrasi dengan baik. Terutama di masa puasa Ramadan seperti saat ini, kecukupan cairan tubuh dapat mencegah dari dehidrasi.

Saat cuaca terik dan dan suhu udara terasa panas, orang pasti cenderung mencari sesuatu yang menyegarkan, seperti minuman dingin.

Bahkan, saat berbuka puasa, orang akan mencari minuman yang segar dan dingin untuk memuaskan dahaga setelah tidak makan dan minum sehari penuh.

Namun, mana yang lebih sehat untuk diminum, air dingin atau hangat, baik saat sahur atau berbuka puasa?

Sebelum mengetahui mana yang lebih sehat antara minum air dingin atau air hangat, mari kita lihat apa saja manfaat kedua jenis air minum ini.

Baca juga: Lebih Sehat Mana Mandi Air Hangat atau Dingin?

Manfaat minum air dingin

Minum segelas air dingin, seperti dilansir dari Pharmeasy, Kamis (30/3/2023), manfaat terpenting yang dirasakan adalah membantu menurunkan suhu tubuh. Namun, beberapa manfaat minum air dingin.

Ketika Anda merasa gerah karena cuaca panas dan terik di luar ruangan, atau saat berkeringat usai melakukan olahraga. Selain itu, minum air dingin setelah olahraga, dapat menyegarkan tubuh.

Manfaat lain minum air dingin juga dapat mengurangi kemungkinan keringat berlebih dan mencegah potensi dehidrasi yang lebih besar.

Manfaat minum air hangat

Air memiliki manfaat penting bagi tubuh, bahkan sebagian besar komposisi dalam tubuh manusia terdiri dari air. Manfaat air minum juga dapat meningkatkan kesehatan hingga melindungi dari berbagai penyakit.

Baca juga: Lebih Sehat Mana Minum Air Mineral atau Rebusan?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com