Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lebih Sehat Mana Minum Air Dingin atau Hangat?

KOMPAS.com - Minum air adalah kebutuhan harian yang sangat penting, agar tubuh dapat terhidrasi dengan baik. Terutama di masa puasa Ramadan seperti saat ini, kecukupan cairan tubuh dapat mencegah dari dehidrasi.

Saat cuaca terik dan dan suhu udara terasa panas, orang pasti cenderung mencari sesuatu yang menyegarkan, seperti minuman dingin.

Bahkan, saat berbuka puasa, orang akan mencari minuman yang segar dan dingin untuk memuaskan dahaga setelah tidak makan dan minum sehari penuh.

Namun, mana yang lebih sehat untuk diminum, air dingin atau hangat, baik saat sahur atau berbuka puasa?

Sebelum mengetahui mana yang lebih sehat antara minum air dingin atau air hangat, mari kita lihat apa saja manfaat kedua jenis air minum ini.

Manfaat minum air dingin

Minum segelas air dingin, seperti dilansir dari Pharmeasy, Kamis (30/3/2023), manfaat terpenting yang dirasakan adalah membantu menurunkan suhu tubuh. Namun, beberapa manfaat minum air dingin.

Ketika Anda merasa gerah karena cuaca panas dan terik di luar ruangan, atau saat berkeringat usai melakukan olahraga. Selain itu, minum air dingin setelah olahraga, dapat menyegarkan tubuh.

Manfaat lain minum air dingin juga dapat mengurangi kemungkinan keringat berlebih dan mencegah potensi dehidrasi yang lebih besar.

Manfaat minum air hangat

Air memiliki manfaat penting bagi tubuh, bahkan sebagian besar komposisi dalam tubuh manusia terdiri dari air. Manfaat air minum juga dapat meningkatkan kesehatan hingga melindungi dari berbagai penyakit.

Saat air dikonsumsi dalam suhu hangat, suam-suam kuku, maka ternyata manfaatnya akan berlipat ganda.

Minum air hangat dapat mempercepat pencernaan dengan cepat memecah partikel makanan dan membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik.

Bahkan, air hangat dapat mencegah sembelit yang dapat menyebabkan beberapa komplikasi seperti ambeien dan wasir.

Saat suhu tubuh memanas, minum air hangat akan meningkatkan dan mempercepat metabolisme tubuh.

Manfaat yang tak kalah pentingnya dari minum air yang hangat, adalah membantu tubuh mengeluarkan racun.

Minum air hangat memang akan membuat kita cepat berkeringat, namun semakin Anda berkeringat, maka akan semakin banyak racun yang dibuang melalui keringat.

Jadi, manakah yang lebih sehat, minum air hangat atau air dingin?

Melihat beberapa manfaat dari masing-masing air minum ini, ternyata menunjukkan bahwa minum air hangat ternyata lebih sehat dan memberikan lebih banyak manfaat bagi tubuh.

Waktu yang tepat minum air hangat adalah di pagi hari. Mulailah hari dengan segelas air hangat, karena di pagi hari adalah waktu terbaik untuk minum air hangat, segera setelah Anda bangun tidur.

Manfaat minum air hangat di pagi hari lebih sehat, karena dapat membantu menjaga cairan tubuh, serta memastikan organ tubuh dalam kondisi yang baik.

https://www.kompas.com/sains/read/2023/03/30/030000623/lebih-sehat-mana-minum-air-dingin-atau-hangat-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke