Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/08/2023, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Menjaga kesehatan paru-paru sangatlah penting. Beberapa faktor, termasuk paparan asap rokok, polusi udara, dan pola makan yang tidak sehat, dapat merusak organ penting ini.

Terlebih lagi, masalah paru-paru, seperti asma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), dan fibrosis paru, dapat memengaruhi kualitas hidup secara signifikan.

Meski demikian, penelitian menunjukkan bahwa perbaikan gaya hidup, termasuk mengikuti pola makan kaya nutrisi, dapat membantu melindungi paru-paru dan bahkan mengurangi kerusakan paru-paru dan gejala penyakit.

Makanan sehat untuk paru-paru

Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa makanan sehat yang baik untuk paru-paru.

Baca juga: Apa Makanan yang Paling Bikin Ketagihan?

1. Paprika

Paprika adalah salah satu makanan yang paling kaya vitamin C, yakni nutrisi yang larut dalam air yang bertindak sebagai antioksidan kuat dalam tubuh. Mendapatkan cukup vitamin C sangat penting bagi orang yang merokok.

Faktanya, karena efek merusak dari asap rokok pada simpanan antioksidan tubuh, orang yang merokok disarankan untuk mengonsumsi tambahan 35 mg vitamin C per hari.

Mengkonsumsi hanya satu buah paprika merah ukuran sedang (119 gram) memberikan 169% asupan vitamin C yang direkomendasikan.

2. Bit

Bit kaya akan nitrat, yang telah terbukti bermanfaat bagi fungsi paru-paru. Nitrat membantu mengendurkan pembuluh darah, mengurangi tekanan darah, dan mengoptimalkan penyerapan oksigen.

Baca juga: Mengapa Masih Ingin Makanan Manis Setelah Makan?

Suplemen bit telah terbukti meningkatkan kinerja fisik dan fungsi paru-paru pada orang dengan masalah paru-paru, termasuk PPOK dan hipertensi pulmonal.

Selain itu, sayuran bit dikemas dengan magnesium, potasium, vitamin C, dan antioksidan karotenoid, yang semuanya penting untuk kesehatan paru-paru.

3. Apel

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan apel secara teratur dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru. Misalnya, penelitian melaporkan, asupan apel dikaitkan dengan penurunan fungsi paru-paru yang lebih lambat pada mantan perokok.

Selain itu, mengonsumsi lima atau lebih buah apel per minggu dikaitkan dengan fungsi paru-paru yang lebih baik dan penurunan risiko PPOK.

Asupan apel juga dikaitkan dengan penurunan risiko asma dan kanker paru-paru. Ini mungkin karena tingginya konsentrasi antioksidan dalam apel, termasuk flavonoid dan vitamin C.

Baca juga: 7 Makanan Rendah Lemak yang Menyehatkan

4. Labu

Daging labu yang berwarna cerah mengandung berbagai senyawa tanaman yang mampu meningkatkan kesehatan paru-paru.

Labu sangat kaya akan karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, yang semuanya memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com