Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/08/2023, 17:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Kebanyakan dari kita menyikat dan membersihkan gigi dua kali sehari. Tetapi, kebiasaan ini belum membersihkan mulut dengan optimal jika tidak dibarengi dengan membasmi bakteri yang hidup di lidah.

Baik untuk mengatasi bau mulut atau untuk menjaga kesehatan gigi, ahli mengatakan bahwa membersihkan lidah itu penting untuk dilakukan secara rutin.

Alasan menyikat lidah penting untuk kesehatan mulut

Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa hal yang menjadikan pembersihan lidah secara rutin baik untuk kesehatan.

Lidah ditutupi dengan bakteri

Sebenarnya, lidah juga merupakan target bakteri seperti halnya gigi, meskipun tidak berisiko mengembangkan masalah seperti gigi berlubang.

Baca juga: Mengapa Makan Nanas Bisa Bikin Lidah Gatal?

John D. Kling, DDS, MAGD, dokter gigi umum, mengatakan bahwa bakteri akan sangat menumpuk di area lidah, terutama antara kuncup pengecap dan struktur lidah lainnya.

Kling mengingatkan, lidah tidaklah mulus dan terdapat celah serta peninggian di seluruh lidah, dan bakteri akan bersembunyi di area ini jika tidak dihilangkan.

Membilas tidak akan menghilangkan bakteri

Biofilm atau sekelompok mikroorganisme yang saling menempel di permukaan lidah tidak dapat dihilangkan dengan meminum air atau menggunakan obat kumur.

Kling menjelaskan, sulit untuk membunuh bakteri dalam biofilm karena, misalnya, saat obat kumur digunakan, hanya sel luar biofilm yang dihancurkan, sementara sel-sel di bawah permukaan masih berkembang.

Baca juga: Apa yang Menyebabkan Lidah Hitam dan Berbulu?

Bakteri ini dapat menyebabkan bau mulut dan bahkan kerusakan gigi. Oleh sebab itu, perlu untuk menghilangkan bakteri secara fisik dengan menyikat atau membersihkan lidah.

Cara membersihkan lidah

Kling mengatakan kita harus menyikat lidah setiap kali menyikat gigi. Berikut cara melakukannya:

  • Sikat lidah bolak-balik
  • Sikat dari sisi ke sisi
  • Bilas mulut dengan air
  • Berhati-hatilah untuk tidak menyikat terlalu keras

Beberapa orang lebih suka menggunakan tongue scraper atau pengikis lidah. Namun, The American Dental Association mengatakan, tidak ada bukti bahwa tongue scraper dapat mencegah halitosis (bau mulut).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com