Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli Sebut Bercak pada Lidah Bisa Jadi Gejala Covid-19

Kompas.com - 17/01/2021, 16:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Di antara banyak gejala Covid-19 yang aneh dan tidak terduga, profesor terkemuka Inggris baru-baru ini menyoroti gejala lain dari Covid-19, yang berdampak pada kesehatan mulut.

Profesor Tim Spector, seorang ahli epidemiologi genetik di King’s College London, mengunggah sebuah foto di akun Twitternya, foto lidah seseorang yang terinfeksi Covid-19 dipenuhi bercak putih yang tidak biasa. Professor menyebutnya "lidah Covid."

Sebagai catatan Spector, "lidah Covid" tidak terdaftar dalam daftar gejala Covid-19 resmi yang dikeluarkan oleh Badan Kesehatan Masyarakat Inggris (PHE).

Baca juga: Apakah Sakit Tenggorokan Termasuk Gejala Covid-19?

Juga tidak disebutkan sebagai gejala oral pada gejala utama yang terdaftar oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) atau Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Namun demikian, dia berpendapat gejala itu berpotensi menjadi tanda kunci bahwa Anda terkena infeksi dan perlu tinggal di rumah untuk mengisolasi diri.

"Satu dari lima orang dengan Covid-19 mengalami gejala yang kurang umum, yang tidak masuk dalam daftar resmi PHE (Badan Kesehatan Masyarakat Inggris) - seperti ruam kulit," kata Profesor Spector.

“Melihat peningkatan jumlah lidah Covid-19 dan sariawan yang aneh. Jika Anda memiliki gejala yang aneh atau bahkan hanya sakit kepala dan kelelahan, sebaiknya tetaplah di rumah!”

Profesor Spector memimpin aplikasi ZOE COVID Symptom Study, yang memungkinkan orang untuk mendaftar dan melaporkan sendiri gejala Covid-19 mereka, jika mereka terinfeksi.

Dengan lebih dari 4,5 juta orang menyumbangkan data secara global, aplikasi ini adalah bagian dari salah satu studi Covid-19 terbesar di dunia yang sedang berlangsung dan berharap dapat memberikan pemahaman ilmiah baru, tentang beragam gejala yang disebabkan virus pada orang yang berbeda.

Baca juga: Gejala Covid-19 Jangka Panjang, Masih Dialami Pasien Setelah 6 Bulan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com