Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/08/2023, 13:07 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Buah mengandung gula alami yang berbeda dengan gula tambahan yang terkandung dalam banyak makanan manis olahan.

Buah mengandung gula fruktosa dan glukosa, tetapi karena buah juga mengandung serat yang membuat proses mencerna lebih lambat, kadar glukosa darah menjadi lebih stabil.

Sebaliknya, makanan manis olahan dicerna lebih cepat, yang mengakibatkan peningkatan glukosa darah dengan cepat.

Selain itu, ketika kita mengonsumsi sepotong buah, kita mencerna berbagai vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya.

Baca juga: Mengapa Buah Pepaya Baik untuk Kesehatan?

Buah yang tinggi gula

Sementara buah-buahan sangat bermanfaat bagi kesehatan, beberapa buah mengandung lebih banyak gula daripada yang lain.

Perbedaan kandungan gula ini bisa jadi penting bagi penderita diabetes, yang harus berhati-hati dalam memantau asupan gulanya. Melansir Medical News Today, berikut adalah beberapa buah dengan kandungan gula yang tinggi.

1. Apel

Satu buah apel berukuran sedang mengandung sekitar 20,8 g gula. Sedangkan, apel kecil mengandung 17,1 g gula atau setengah dari apel besar.

Di samping kandungan gulanya, penelitian tahun 2016 mencatat bahwa apel kaya akan berbagai nutrisi yang mencakup polifenol dan senyawa antioksidan yang membantu melindungi dari beberapa kondisi, termasuk diabetes dan penyakit Alzheimer.

Baca juga: Apakah Makan Buah Membantu Tubuh Tetap Terhidrasi?

2. Pisang

Pisang adalah sumber potasium dan lemak sehat yang baik, meski kandungan gulanya cukup tinggi. Satu buah pisang mengandung sekitar 15,4 g gula. Pisang yang berukuran lebih kecil mungkin mengandung gula setengah dari yang lebih besar.

3. Anggur

Studi tahun 2021 melapoekan bahwa nutrisi dalam anggur menawarkan sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba. Di samping itu, secangkir anggur mengandung sekitar 23,2 g gula.

4. Mangga

Secangkir mangga potong mengandung 22,5 g gula. Konsumsi lebih sedikit jika ingin asupan gula yang lebih rendah.

Selain gula, nutrisi yang terdapat dalam mangga termasuk vitamin A, vitamin C, potasium, dan beta karoten, pigmen dengan sifat antioksidan.

Baca juga: Benarkah Tidak Boleh Konsumsi Buah Setelah Makan?

5. Jeruk

Jeruk besar mengandung 17,2 g gula. Sedangkan, jeruk berukuran kecil mengandung sekitar 8,98 g gula

Seperti buah jeruk lainnya, jeruk merupakan sumber vitamin C yang baik. Jeruk juga mengandung kalsium dan potasium.

6. Buah pir

Satu cangkir buah pir potong mengandung sekitar 15,7 g gula. Meski demikian, studi tahun 2015 melaporkan bahwa kandungan serat pir yang tinggi dapat meningkatkan kesehatan usus dan antioksidannya dapat menurunkan lemak darah.

7. Semangka

Secangkir semangka potong mengandung sekitar 9,42 g gula. Ulasan tahun 2020 mengatakan bahwa semangka kaya akan polifenol dan senyawa lain yang berguna untuk melawan masalah kesehatan, seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, dan maag.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com