Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/08/2023, 20:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Kecanduan makanan adalah topik yang cukup pelik di kalangan ilmuwan. Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5) pun tidak menyebutkan kecanduan makanan sebagai suatu masalah.

Tetapi, meskipun kecanduan makanan belum diakui secara formal, Yale Food Addiction Scale (YFAS) menyesuaikan kriteria diagnostik untuk gangguan penggunaan zat yang diuraikan dalam DSM-5 dengan konteks makanan.

Satu studi dari University of Michigan pun telah melakukan penelitian dan memberi peringkat untuk makanan yang paling membuat ketagihan dan yang paling tidak membuat ketagihan.

Makanan yang paling bikin ketagihan

Untuk mengetahui makanan apa saja yang paling membuat ketagihan, peneliti mewawancarai ratusan orang berdasarkan YFAS.

Baca juga: Mengapa Masih Ingin Makanan Manis Setelah Makan?

YFAS merupakan alat yang diakui secara luas yang digunakan untuk menilai tingkat keparahan perilaku seperti kecanduan yang terkait dengan makanan.

Dikembangkan oleh Dr. Ashley N. Gearhardt dan rekan-rekannya di Yale University, YFAS dirancang untuk mengukur sejauh mana individu mengalami gejala kecanduan makanan.

YFAS terdiri dari lebih dari dua lusin pertanyaan yang dimaksudkan untuk menilai tingkat keparahan perilaku makan yang membuat ketagihan.

Dilansir dari ZME Science, menurut penelitian pertama, cokelat adalah makanan yang paling membuat ketagihan. Lebih dari satu dari empat orang memiliki hubungan seperti kecanduan dengan cokelat.

Baca juga: 7 Makanan Rendah Lemak yang Menyehatkan

Sementara itu, di studi kedua, makanan yang paling membuat ketagihan adalah pizza, dengan cokelat di urutan kedua. Keripik, kue, dan es krim berada di urutan setelahnya.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah daftar makanan yang paling membuat ketagihan, dengan skala 1 sama sekali tidak membuat ketagihan hingga 7 sangat membuat ketagihan.

  1. Pizza (4.01)
  2. Cokelat (3.73)
  3. Keripik (3,73)
  4. Kukis (3.71)
  5. Es krim (3.68)
  6. Kentang goreng (3,60)
  7. Burger keju (3.51)
  8. Soda (3.29)
  9. Kue (3.26)
  10. Keju (3.22)
  11. Bacon (3.03)
  12. Ayam goreng (2.97)
  13. Roti gulung (polos) (2.73)
  14. Popcorn (mentega) (2.64)
  15. Sereal sarapan (2,59)
  16. Permen karet (2.57)
  17. Bistik (2.54)
  18. Mufin (2,50)

Singkatnya, studi ini menemukan bahwa makanan olahan tinggi, dengan jumlah tambahan lemak dan/atau karbohidrat olahan (misalnya, gula, tepung putih), kemungkinan besar dikaitkan dengan indikator perilaku makan yang membuat ketagihan.

Baca juga: 3 Efek Berbahaya Konsumsi Makanan Cepat Saja Setiap Hari

Selain itu, makanan dengan indeks glikemik tinggi terkait dengan masalah makan yang membuat ketagihan bagi individu yang mengalami peningkatan gejala kecanduan makanan.

Studi tersebut menyimpulkan, orang yang mengalami gejala perilaku makan yang membuat ketagihan mungkin lebih rentan terhadap lonjakan gula darah yang besar dari makanan dengan indeks glikemik yang tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com