Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Makanan Rendah Karbohidrat yang Sangat Bergizi

Kompas.com - 30/07/2023, 08:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Banyak orang yang mengadopsi pola makan rendah karbohidrat untuk menurunkan berat badan, menurunkan gula darah, atau mengobati penyakit tertentu.

Untuk menyiapkan makanan rendah karbohidrat yang bergizi memang tidak mudah. Namun, pola makan rendah karbohidrat tidak harus rumit karena ada banyak makanan sehat dengan sedikit karbohidrat yang bisa dijadikan pilihan.

Makanan rendah karbohidrat yang bergizi

Melansir Healthline, berikut adalah 10 makanan rendah karbohidrat yang bergizi dan lezat:

1. Telur (karbohidrat: hampir nol)

Telur merupakan makanan rendah karbohidrat dan mengandung berbagai nutrisi sehat. Makan telur memiliki kaitan dengan peningkatan daya ingat di usia yang lebih tua dan penurunan tingkat degradasi penglihatan.

Baca juga: Apa Saja Makanan yang Kaya Prebiotik Menurut Sains?

2. Daging sapi (karbohidrat: nol)

Daging sapi sangat mengenyangkan dan mengandung nutrisi penting, seperti zat besi dan vitamin B12. Ada banyak bagian sapi yang lezat untuk dikonsumsi, beberapa di antaranya lebih rendah lemak.

3. Daging domba (karbohidrat: nol)

Seperti daging sapi, domba mengandung banyak nutrisi bermanfaat, termasuk zat besi dan vitamin B12. Domba juga cenderung tinggi asam lemak bermanfaat conjugated linoleic acid (CLA).

4. Daging ayam (karbohidrat: nol)

Daging ayam adalah salah satu daging konsumsi yang paling populer. Daging ayam kaya akan banyak nutrisi bermanfaat dan sumber protein yang sangat baik.

Jika sedang menjalani pola rendah karbohidrat, mungkin lebih baik memilih potongan yang lebih berlemak, seperti sayap dan paha.

Baca juga: Apa Makanan yang Menyebabkan Urine Keruh?

5. Ikan salmon (karbohidrat: nol)

Salmon adalah ikan berlemak, yang mengandung banyak lemak sehat untuk jantung, termasuk asam lemak omega-3. Salmon juga mengandung vitamin B12, yodium, dan vitamin D3 dalam jumlah yang cukup.

6. Sarden (karbohidrat: nol)

Sarden adalah makanan padat nutrisi dan mengandung kalsium, selenium, dan vitamin B12 dalam jumlah tinggi.

7. Kerang (karbohidrat: 0–4 g karbohidrat per 100 g kerang)

Kebanyakan kerang rendah karbohidrat dan mengandung banyak nutrisi dalam jumlah tinggi. Faktanya, profil nutrisi kerang dekat dengan jeroan dalam kepadatan nutrisinya.

8. Brokoli (karbohidrat: 7 g per 100 g)

Brokoli tinggi vitamin C, K, dan serat serta mengandung senyawa tanaman yang dapat melawan kanker dengan kuat.

Baca juga: 6 Makanan yang Baik Dikonsumsi di Pagi Hari

9. Tomat (karbohidrat: 4 g per 100 g)

Tomat secara teknis adalah buah atau beri, tetapi banyak orang mengklasifikasikannya sebagai sayuran. Tomat tinggi vitamin C dan potasium.

10. Kembang kol (karbohidrat: 5 g per 100 g)

Kembang kol merupakan sayuran serbaguna yang bisa digunakan untuk membuat berbagai masakan. Sayuran ini tinggi vitamin C, vitamin K, dan folat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com