Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Makanan Manis Bisa Menyebabkan Kembung dan Gas?

Kompas.com - 14/04/2023, 03:40 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Selama bulan puasa ini, kita disajikan banyak makanan manis dan lezat. Akan tetapi, terlalu banyak makan makanan manis ternyata juga bisa memicu perut kembung dan sering kentut.

Mungkin saat berbuka puasa, sajian makanan manis seperti kolak, aneka kue hingga minuman manis menjadi pelepas rasa lapar yang nikmat disantap setelah menjalankan puasa sehari penuh.

Namun, hati-hati, ternyata makanan manis mengandung gula tinggi bisa menyebabkan perut kembung dan meningkatkan produksi gas dalam tubuh.

Kembung dan gas yang dikeluarkan saat kentut atau sendawa, berkembang terutama di usus besar.

Organ ini adalah rumah bagi banyak bakteri tidak berbahaya yang membantu sistem pencernaan memecah makanan dan menjaga kesehatan tubuh.

Baca juga: Apakah Makanan Kelinci Hanya Wortel?

Akan tetapi, ketika jenis makanan tertentu, seperti yang mengandung gula, pati dan serat, yang belum sepenuhnya dicerna mencapai usus besar, maka bakteri di dalamnya akan memakan semua makanan yang tidak tercerna.

Dalam proses yang disebut fermentasi ini, maka usus besar akan menghasilkan gas dalam bentuk karbon dioksida, hidrogen dan metana sebagai produk sampingan.

Gas dalam perut memang normal. Menurut John Hopkins Medicine, kebanyakan orang bisa menghasilkan 2-8 cangkir gas setiap harinya, dan mengeluarkannya melalui bersendawa atau kentut, sekitar 14 kali per hari, dilansir dari Live Strong, Jumat (14/4/2023).

Akan tetapi, jika Anda mengalami kembung dan sering kentut atau menghasilkan gas berlebih, maka itu tidak normal. Sebab ini menjadi tanda bahwa tubuh tidak sepakat dengan makanan yang Anda konsumsi.

Terkadang cukup sulit untuk menentukan dari mana asal makanan penyebab perut kembung dan membuat Anda sering kentut.

Baca juga: Apa Saja Makanan yang Baik untuk Berbuka Puasa?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com