Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Putri Duyung Nyata atau Sekadar Legenda?

Kompas.com - 13/04/2023, 16:34 WIB
The Conversation,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

Oleh: Peter Goggin

PUTRI duyung - makhluk bawah laut yang berwujud setengah ikan dan setengah manusia - sebenarnya tidak ada kecuali dalam imajinasi manusia.

Para ilmuwan yang mempelajari lautan untuk Amerika Serikat telah menyelidiki kemungkinan keberadaan mereka dan mengatakan bahwa tidak ada bukti putri duyung yang pernah ditemukan.

Baca juga: Misteri Mumi Putri Duyung di Jepang Mulai Terungkap, Apa Kata Ahli?

Kamu mungkin bertanya-tanya mengapa para ilmuwan pemerintah meneliti pertanyaan ini. Ada banyak cerita tentang putri duyung di TV, internet, dan majalah yang berpura-pura menjadi berita sains sungguhan.
Mereka mencoba menipu orang agar percaya bahwa putri duyung itu nyata tanpa bukti nyata.

Ini disebut “kriptosains” atau “kriptozoologi”, tapi ini bukan sains sungguhan. Jangan biarkan cerita-cerita menarik menipu kamu tentang putri duyung dan makhluk-makhluk lain yang menyenangkan tapi hanya rekaan seperti Bigfoot atau Monster Loch Ness.

Namun, hanya karena putri duyung tidak nyata, bukan berarti mereka tidak bermakna.

Mermaids atau merfolk (karena tidak semua dari mereka berjenis kelamin perempuan), memiliki sejarah yang panjang dan dikenal di seluruh dunia - sama halnya dengan naga, peri, dan unicorn.

Jenis-jenis putri duyung

Beberapa cerita putri duyung yang paling awal adalah bagian dari mitologi Yunani kuno dari lebih dari 3.000 tahun yang lalu. Orang Yunani membayangkan banyak makhluk yang sebagian manusia dan sebagian hewan seperti harpies (burung dan manusia) dan centaur (kuda dan manusia).

Terkadang putri duyung mereka baik, seperti dewi Yunani Atargatis, yang melindungi manusia, tapi ada juga yang berbahaya, seperti Siren, yang menyanyikan lagu-lagu indah yang membuat para pelaut menabrakkan kapalnya ke batu dan tenggelam.

Putri duyung Irlandia, yang disebut Merrows yang sudah ada sejak 1.000 tahun yang lalu, juga dianggap sebagai pertanda kesialan.

Baca juga: Mitologi dan Fakta soal Duyung: dari Siren, Columbus, hingga Manatee

Tubuh putri duyung telah diimajinasikan secara berbeda di berbagai tempat. Ada putri duyung legendaris Jepang yang disebut Ningyo, yang sebagian besar adalah ikan tetapi memiliki wajah manusia.

Mungkin kamu pernah menonton film animasi Ponyo, tentang ikan mas dengan wajah seorang gadis kecil? Di Eropa, ada putri duyung yang disebut Melusine yang memiliki dua ekor.

Cerita tentang putri duyung juga bervariasi tergantung di mana dan kapan diceritakan. Hanya beberapa yang bercerita tentang putri duyung yang jatuh cinta dan ingin menjadi manusia, seperti Ariel dan Ponyo.

Dalam buku cerita Putri Duyung dari Mars, misalnya, putri duyung telah menghabiskan semua air di Mars dan datang ke Bumi untuk membantu manusia mempelajari pelajaran tentang konservasi air.

Di banyak tempat, putri duyung digunakan sebagai simbol kekuasaan dan kekayaan. Sebagai contoh, kota Warsawa di Polandia memiliki legenda putri duyung yang dianggap sebagai pelindung kota. Ada patung besar putri duyung di sana dan dia bahkan ditampilkan di lambang kota.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com