Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Makanan Panas Sebaiknya Tidak Langsung Disimpan ke Kulkas?

Kompas.com - 25/02/2023, 11:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Saat hendak memasukkan makanan ke lemari es, biasanya kita tidak akan langsung melakukannya bila makanan tersebut dalam kondisi panas. Kita cenderung menunggu hingga makanan itu dingin.

Akan tetapi, mengapa harus menunggu hingga makanan dingin dan apa efeknya jika kita langsung menyimpan makanan panas ke dalam kulkas?

Dikutip dari Science ABC, Jumat (24/2/2023) dalam pedoman manual yang dicantumkan produsen kulkas, disebutkan untuk tidak memasukkan makanan panas, karena hal ini dapat memengaruhi fungsi lemari es dalam jangka panjang.

Menyimpan makanan panas mengakibatkan tekanan ekstra pada mesin lemari es, sehingga harus dihindari. Kendati demikian, ada alasan lain selain dapat memengaruhi performa kulkas.

Hukum termodinamika saat makanan panas masuk kulkas

Alasan lainnya, menyimpan makanan panas di dalam kulkas akan meningkatkan suhu di dalam lemari es yang membuat semua yang ada di dalamnya menjadi lebih panas dan ini akan berpengaruh terhadap kualitas makanan yang kita simpan.

Baca juga: Mengapa Sebelum Menstruasi Ada Keinginan Makan Semua Makanan?

Bagaimana itu bisa terjadi?

Hukum kedua termodinamika menyatakan bahwa kalor berpindah dari tempat bersuhu lebih tinggi ke tempat bersuhu lebih rendah atau disebut dengan konveksi.

Lalu hal lain yang bisa terjadi saat memasukkan benda panas ke dalam lemari es adalah dapat mengakibatkan kondensasi (pengembunan).

Kondensasi ini justru akan menambah kelembaban pada lingkungan lemari es yang tentunya tidak dianjurkan untuk pengawetan makanan.

Jadi bagaimana jika kita terburu-buru dan tidak punya waktu untuk menunggu lama makanan hingga benar-benar dingin?

Cara menyimpan makanan di kulkas, salah satunya yang bisa dilakukan adalah dengan membagi makanan menjadi porsi yang lebih kecil. Sisakan sedikit ruang di sekitar makanan agar udara dingin dapat mengalir di sekitarnya.

Itu dapat mempercepat proses pendinginan dan mencegah efek negatif yang berlebihan dari menempatkan makanan yang hangat di dalam kulkas.

Baca juga: Kenapa Manusia Suka Makanan Pedas?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com