Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/07/2023, 08:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber CDC


KOMPAS.com - Siklus hidup nyamuk Anopheles, biasanya akan memerlukan waktu 10-14 hari untuk telur berkembang menjadi nyamuk dewasa.

Anopheles adalah jenis nyamuk yang menjadi penyebab penyakit malaria pada manusia, umumnya disebabkan oleh gigitan nyamuk Anopheles betina.

Dilansir dari CDC, Rabu (12/7/2023), nyamuk Anopheles betina akan menghisap darah untuk dapat memproduksi telur dan ini adalah salah satu bagian penting dalam siklus hidup nyamuk malaria.

Perilaku menggigit dan menghisap darah ini menjadi perantara antara manusia dan inang nyamuk dalam siklus hidup parasit.

Siklus hidup nyamuk Anopheles

Lantas, bagaimana siklus hidup nyamuk Anopheles?

Baca juga: Bagaimana Nyamuk Mendeteksi Bau Manusia untuk Digigit?

Seperti kebanyakan siklus hidup nyamuk, Anopheles juga akan melewati empat tahap dalam siklus hidupnya. Di antaranya telur, larva, pupa dan dewasa.

Pada tiga tahap pertama siklus hidup nyamuk ini akan terjadi di air dan berlangsung antara 7-14 hari, tergantung pada spesies dan suhu sekitar.

Berikut tahapan siklus hidup nyamuk Anopheles betina dikutip dari CDC.

1. Fase telur

Nyamuk betina dewasa akan bertelur satu per satu, dan langsung bertelur di atas air. Telur-telur tersebut akan mengapung di permukaan air.

Anopheles betina sedikitnya akan mengeluarkan 50-200 butir telur dalam satu waktu, dan tidak akan tahan terhadap kondisi lingkungan yang kering, sehingga akan menetas dalam 2-3 hari.

Namun, penetasan telur nyamuk dalam fase siklus hidup nyamuk Anopheles ini bisa memakan waktu yang lama, bisa sampai 2-3 minggu di iklim yang lebih dingin.

Baca juga: Bagaimana Bulu Kungkang Bisa Menyelamatkan Hidup Manusia?

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com