Bagaimana Bulu Kungkang Bisa Menyelamatkan Hidup Manusia?

Kompas.com - 05/05/2023, 11:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Kungkang dikenal sebagai hewan lamban dan terlihat malas. Namun siapa sangka, di balik gerak lambannya itu, kungkang ternyata bisa menyelamatkan hidup manusia.

Sebuah studi menunjukkan bulu kungkang mengandung bakteri yang menghasilkan antiobiotik dan kemungkinan bisa berguna bagi kehidupan kita.

Dikutip dari IFL Science, Rabu (3/5/2023) antibiotik telah memainkan peran utama dalam memberikan harapan hidup manusia selama sekitar satu abad terakhir.

Akan tetapi, peneliti medis dan pakar kesehatan masyarakat mengeluarkan peringatan tentang munculnya resistensi antibiotik dan telah menyebabkan lebih dari satu juta orang meninggal per tahun karena kasus kebal antibiotik.

Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut, para ilmuwan pun melakukan studi terhadap spesies lain. Seperti yang kita tahu jutaan spesies telah mengembangkan solusi mereka sendiri untuk bertahan dari bakteri patogen.

Penemuan menarik pada bulu kungkang

Dalam studi dipublikasikan di Environmental Microbiology, peneliti meneliti bulu kungkang.