Kompas.com - 06/10/2022, 10:05 WIB

KOMPAS.com - Kungkang dikenal dengan ciri khas gerakannya yang sangat lambat. Tapi, gerakan lambat kungkang itu tak membuatnya punah, karena tak bisa menghindari pemangsa.

Faktanya, kungkang justru telah bertahan di Bumi selama hampir 64 juta tahun.

Baca juga: Spesies Baru Kungkang Ditemukan, Kepalanya Mirip Kelapa Dikupas

Alasan kungkang bergerak sangat lambat

Namun sebenarnya, mengapa kungkang bergerak sangat lambat? Rupanya ada beberapa alasan yang menyebabkan kungkang bergerak sangat lambat, yakni sebagai berikut.

1. Makanan dan pencernaan

Gerakan kungkang yang lambat dikaitkan dengan makanan mereka. Makanan kungkang adalah dedaunan, yang rendah kalori dan tidak mudah dicerna, sehingga gaya hidup kungkang di atas pohon dan gerakan lambatnya, seakan dirancang untuk menghemat energi.

Pada sebagian besar mamalia, tingkat pencernaan sebanding dengan ukuran tubuh, sehingga hewan yang lebih besar berarti membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna makanannya.

Tapi ini tak berlaku pada kungkang. Perut mereka memiliki beberapa kompartemen, sarat dengan bakteri kecil yang membantu memecah selulosa daun, namun metabolisme mereka tetap lamban.

Kungkang membutuhkan waktu mulai dari 157 jam hingga 50 hari (1.200 jam) dari saat daun dimakan hingga dikeluarkan.

Ini menyebabkan kungkang tidak bisa makan daun dalam jumlah besar setiap hari, karena perut kungkang dalam kondisi penuh makanan yang belum tercerna sempurna.

Dedaunan yang rendah kalori, pencernaan yang lambat, dan tak bisa makan dalam jumlah banyak kemungkinan menjadi penyebab kungkang tak memiliki banyak energi.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Kungkang, Hewan yang Gerakannya Sangat Lambat

2. Suhu tubuh

Fisiologi tubuh kungkang dicirikan sebagai heterotermik; yaitu berarti, kungkang memiliki kontrol yang tidak sempurna atas suhu tubuh mereka.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.