Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Kupu-kupu Merasakan dan Memakan Makanannya?

Kompas.com - 07/04/2023, 18:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat seseorang memakan sesuatu, rasa menjadi salah satu hal yang berpengaruh untuk memutuskan apakah Anda menyukainya atau tidak.

Dalam hal ini, pengecap di lidah merupakan aspek penting untuk menjalankan fungsi tersebut.

Baca juga: 4 Manfaat Kupu-kupu bagi Lingkungan

Tapi bagaimana dengan kupu-kupu? Hewan tersebut rupanya tidak memiliki pengecap seperti mamalia.

Mulut mereka terutama berfungsi sebagai sedotan untuk menyedot sehingga makanan tidak perlu dikunyah.

Pertanyaannya jika tidak memiliki perasa, bagaimana kupu-kupu mengetahui makanan yang mereka makan itu nektar atau yang lainnya?

Bagaimana kupu-kupu merasakan makanannya?

Mengutip Science ABC, Kamis (6/4/2023) kupu-kupu tetap bisa merasakan makanannya, tetapi tidak melalui mulutnya melainkan lewat kaki mereka.

Kaki binatang yang berfungsi sebagai organ perasa terdengar tidak masuk akal yang mungkin mnejadi alasan para peneliti bahkan tidak pernah mempertimbangkan kemungkinan tersebut.

Sebagian besar penelitian awal di lapangan melihat antena atau palpi, bagian dari mulut kupu-kupu, sebagai organ pengecap utama.

Pemikirannya adalah bahwa jika manusia dan sebagian besar mamalia lainnya memiliki lidah untuk mengecap, organ serupa harus memiliki fungsi yang sama pada serangga.

Baru pada akhir 1800-an peneliti mulai mengambil pendekatan yang berbeda untuk masalah tersebut. Saat itu mereka menemukan bahwa kaki lah yang berfungsi sebagai reseptor rasa pada kupu-kupu.

Dengan begitu, sama seperti manusia, kupu-kupu bisa merasakan manisnya gula, pahit, asam, dan asin melalui organ perasa mereka yang disebut kemoreseptor.

Baca juga: Ciri-ciri Kupu-kupu, Serangga Cantik dengan Sayap Warna-warni

Kemampuan untuk mengetahui rasa ini sangat penting untuk kelangsungan hidup kupu-kupu. Ulasan yang ditulis di Insect Molecular Biology menunjukkan bahwa kupu-kupu menggunakan rasa untuk membuat banyak pilihan penting.

Misalnya saja, menginformasikan tidak hanya makanan apa yang ada di sekitar mereka, tetapi juga memandu dalam memilih pasangan, dan memutuskan di mana akan bertelur.

Bagaimana kupu-kupu makan?

Setelah mengetahui kupu-kupu juga merakan makanannya lantas bagaimana cara mereka memakannya?

Seperti disebutkan sebelumnya, kupu-kupu memiliki mulut untuk menyedot. Serangga yang bagian mulutnya hanya dirancang untuk menghisap cairan disebut serangga haustellate.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com