Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Spesies Baru Kadal Buaya yang Terancam Punah dari Vietnam

Kompas.com - 05/07/2023, 19:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG


KOMPAS.com - Spesies baru kadal buaya selatan (Southernmost crocodile) ditemukan di Dataran Tinggi Tengah Vietnam.

Spesies kadal buaya yang disebut terancam punah tersebut telah dideskripsikan di jurnal ZooKeys, dikutip dari Phys, Rabu (5/7/2023).

"Ini adalah penemuan yang luar biasa karena merupakan salah satu spesies yang paling berwarna-warni dalam genus Tylototriton. Ini juga merupakan pertama kalinya spesies kadal buaya tercatat dari Dataran Tinggi Tengah Vietnam," kata penemu dan penulis pertama studi Trung My Phung.

My Phung menjelaskan bahwa kadal buaya Southernmost ini ditemukan di ketinggian 1.800 hingga 2.300 Meter di atas permukaan laut.

Menurutnya, penemuan spesies kadal buaya tersebut mencatat rekor ketinggian untuk genus ini di Vietnam, dan sebelumnya diperkirakan persebaran spesies ini antara 250 M dan 1.740 M.

Tak hanya itu, penemuan kadal buaya oleh tim penelit dari Vietnam dan Jeran ini mewakili rentang persebaran paling selatan dari genus yang diketahui saat ini.

Baca juga: Mengenal Ular King Cobra, Ular Berbisa Terpanjang di Dunia

Habitat spesies baru kadal buaya ini berada di sekitar 370 Km jauhnya dari populasi Tylototriton terdekat. Ini yang kemudian menjadikan spesies tersebut sebagai penemuan penting dalam hal evolusi dan zoogeografi.

Nama spesies kadal buaya Vietnam

Spesies baru kadal buaya ini diberi nama Tylototriton ngoclinhensis. Nama 'ngoclinhensis" merujuk pada lokasi di mana spesies kadal ini ditemukan, yakni di Gunung Ngoc Linh.

Habitat kadal buaya tersebut terbatas pada hutan pegunungan hijau, dan saat ini Ngoc Linh Crocodile Newt hanya diketahui dari Cagar Alam Ngoc Linh di Provinsi Kon Tum, di Dataran Tiggi Tengah Vietnam.

Kadal buaya Ngoc Linh adalah takson salamander kedelapan yang dideskripsikan dai Vietnam, dan merupakan spesies Tylototriton ke-39 yang diakui secara resmi.

Secara ilmiah, kadal budaya dikenal sebagai genus Tylototriton, yang memiliki hampir 40 spesies yang mendiami kawasan hutan pegunungan di seluruh zona iklim monsun Asia.

Baca juga: Mengenal Ikan Wader Pari yang Berpotensi Terancam Punah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com