Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/07/2023, 07:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Hidung gatal, bersin-bersin, dan pilek adalah beberapa gejala alergi. Beberapa dari kita sering atau bahkan mengalaminya setiap pagi.

Terkadang, bersin-bersin di pagi hari cukup mengganggu, terutama jika tidak kunjung mereda hingga siang hari. 

Apa penyebab bersin-bersin di pagi hari?

Gejala alergi terkadang disebabkan oleh rinitis alergi. Gejala muncul ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan terhadap alergen di udara sehingga menyebabkan pembengkakan dan peradangan pada hidung.

Reaksi sistem kekebalan ini dapat memicu gejala-gejala tersebut di atas, dan menyebabkan gejala lain juga, seperti hidung tersumbat, sakit kepala, dan mata berair.

Baca juga: Apakah Bisa Bersin saat Tidur?

Dilansir dari Healthline, alergen yang bertanggung jawab atas gejala alergi di pagi hari meliputi:

1. Tungau debu

Alergi bisa kambuh di pagi hari jika memiliki alergi terhadap tungau debu. Inu adalah serangga mikroskopis yang hidup di rumah dan sering ditemukan di tempat tidur.

Tungau debu kerap hidup dan berkembang biak di kasur, bantal, tempat tidur, dan furnitur. Tungau debu tidak menggigit atau menyebarkan penyakit, tetapi jika tidur di tempat tidur yang penuh dengan tungau, kita mungkin mengalami gejala alergi setiap pagi.

2. Bulu hewan peliharaan

Bulu hewan peliharaan adalah pemicu alergi pagi lainnya, terutama jika hewan peliharaan terbiasa tidur di tempat tidur.

Baca juga: Apa yang Terjadi jika Kita Bersin dengan Mata Terbuka?

Bahkan, saat hewan peliharaan tidak tidur di kasur, bulunya masih dapat tersebar di tempat tidur atau terperangkap di karpet.

3. Jamur

Jamur dalam ruangan juga dapat memperburuk gejala alergi di pagi hari, terutama jika kamar tidur berdekatan dengan kamar mandi.

Bersin-bersin di pagi hari tidak hanya disebabkan oleh alergen. Rinitis nonalergi juga dapat memicu gejala alergi pagi hari seperti hidung tersumbat, pilek, bersin, dan batuk.

Rinitis alergi dan rinitis nonalergi menyebabkan gejala yang serupa. Perbedaannya adalah rinitis nonalergi tidak melibatkan sistem kekebalan tubuh. 

Baca juga: Mengapa Bersin Bau dan Apa Artinya Bagi Kesehatan?

Sebaliknya, iritasi dan faktor lain memicu gejala seperti alergi. Faktor-faktor ini meliputi bau yang kuat, perubahan hormon, asam lambung naik, dan obat-obatan tertentu.

Jika bersin-bersin di pagi hari dirasa sangat mengganggu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapat saran pencegahan dan perawatan yang tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com