Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Mata Kita Tertutup Saat Bersin? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 14/12/2021, 07:05 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bersin disebut sebagai refleks sternutasi, yang dapat melindungi saluran hidung dari partikel asing dengan pelepasan udara yang tak disengaja.

Bersin adalah cara tubuh untuk membersihkan partikel yang tidak diinginkan dari saluran hidung Anda. Umunya, bersin disebabkan oleh debu, alergi serbuk sari, bulu, pilek, flu, suhu udara yang dingin, hingga polusi udara.

Saat dirangsang, pusat bersin di batang otak memerintahkan kontraksi otot dari esofagus ke sfingter, termasuk otot-otot yang mengendalikan kelopak mata.

Jika diingat kembali, Anda mungkin menyadari, saat bersin mata kita akan tertutup. Mengapa demikian?

Baca juga: Apakah Bayi Menangis Saat Berada Dalam Kandungan?

Nah, Misteri Tubuh Manusia edisi kali ini akan membahas mengenai hal tersebut.

Melansir NBC News, Jumat (12/4/2013) ahli optometri, Bert Moritz di Mayo Clinic Health System menjelaskan, bahwa menutup mata saat bersin adalah refleks yang tidak disengaja, serupa dengan refleks tendon dalam.

Untuk diketahui, refleks tendon dalam terjadi ketika lutut diketuk dengan palu kecil sehingga lutut tersentak. Kondisi tersebut hanyalah respons tubuh yang tidak terkendali.

Di sisi lain, ahli alergi di Houston Methodist Hospital, Dr David Huston mengatakan, menutup mata saat bersin kemungkinan untuk mencegah partikel yang dikeluarkan masuk ke mata.

"Dengan menutup kelopak mata secara otomatis saat bersin, iritan yang masuk mudah untuk dicegah. Menjaga mata kita tetap terbuka selama bersin mungkin bisa dilakukan, walaupun sulit," ujarnya seperti dilansir dari Live Science, Jumat (23/12/2016).

Senada dengan Houston, menurut Moritz, para ahli lainnya memiliki teori bahwa menutup mata saat bersin dilakukan untuk melindungi mata dari partikel apa pun yang dikeluarkan hidung maupun mulut.

Umumnya, ketika kita bersin, kita melindungi diri dari alergen dan refleks untuk menutup mata yang mungkin telah berkembang sebagai pertahanan.

"Beberapa ahli biologi berpikir bahwa ketika kita mengeluarkan lendir dan benda-benda asing (kita menutup mata karena) kita tidak ingin benda itu masuk ke mata kita," katanya.

Sementara, tidak ada data klinis yang dapat menjelaskan mengapa kita menutup mata saat bersin. Penelitian lebih lanjut mengenai hal ini masih diperlukan untuk memahami mengapa menutup mata saat bersin merupakan bagian dari refleks otomatis.

Baca juga: Kenapa Kita Merasa Haus saat Bangun Tidur?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com