Kompas.com - 21/09/2021, 07:18 WIB
Ilustrasi merasa haus setelah bangun tidur. SHUTTERSTOCK/Prostock-studioIlustrasi merasa haus setelah bangun tidur.

KOMPAS.com - Tidak jarang kita merasa haus setelah bangun tidur atau bahkan terbangun karena haus saat sedang tidur. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Ini adalah salah astu misteri tubuh manusia yang sering ditanyakan.

Dilansir dari Houston Methodist, Senin (20/9/2021), rasa haus merupakan akibat dari mulut kering atau yang bisa disebut dengan xerostomia, ketika kelenjar ludah tidak menghasilkan cukup air liur.

Rata-rata orang dewasa yang sehat akan menghasilkan setidaknya setengah liter air liur setiap hari. 

Air liur itu berguna untuk membersihkan mulut dari kuman, mencegah kerusakan gigi, mengatur pH dalam mulut, membantu pencernaan, serta menjadi pelumas mulut untuk membantu berbicara.

Baca juga: Kenapa Mata Belekan saat Bangun Tidur?

Adapun beberapa penyebab umum mulut kering yang memicu rasa haus setelah bangun tidur adalah sebagai berikut:

1. Dehidrasi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain elektrolit, enzim dan molekul antimikroba, sumber utama air liur agar tubuh tidak merasa haus adalah air. Tidak minum cukup air akan menghambat tubuh dalam memproduksi cukup air liur dalam jumlah yang cukup.

Kendati demikian, minum banyak air sebelum tidur bukan solusi untuk menghindari bangun tidur dengan rasa haus, malah berpotensi meningkatkan peluang mulut kering sepanjang malam atau terbangun tengah malam karena ingin buang air kecing.

Hal yang harus dilakukan untuk mempertahankan hidrasi tubuh adalah dengan minum air dalam jumlah yang tepat sepanjang hari, agar tubuh mampu menghasilkan jumlah air liur dan menghindari rasa haus berlebih.

2. Pengaruh obat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.