Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Ubur-ubur Hantu Raksasa yang Bentuknya Mirip UFO

Kompas.com - 28/02/2023, 18:20 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Ubur-ubur hantu raksasa menampakkan diri saat berenang di lepas pantai Antartika. Ini adalah makhluk laut ini memiliki bentuk mirip pesawat alien, UFO.

Penampakan ubur-ubur ini dilaporkan oleh seorang penumpang kapal pesiar saat ia menyelam menggunakan kapal selam, dikutip dari Live Science, Selasa (28/2/2023).

Giant phantom jellyfish atau ubur-ubur hantu raksasa, memiliki nama latin Stygiomedusa gigantea. DalamJournal of the Marine Biological Association of the United Kingdom, hewan laut ini termasuk predator invertebrata terbesar di laut dalam.

Saat tengah berenang di laut dalam, sekelompok orang tengah menaiki kapal selam yang dioperatori jalur pelayaran nViking pada awal tahun 2022 lalu.

Penampakan makhluk tersebut kemudian menarik perhatian para peneliti. Para peneliti dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Polar Research pada 30 Januari 2023, mengatakan diperkirakan panjang ubur-ubur ini mencapai lebih dari 5 meter, dengan bentangan tubuh mencapai 10 meter.

Baca juga: Mengenal Katak Wolverine, Mampu Patahkan Tulang untuk Membuat Cakar

Daniel Moore, penulis utama studi ini menyadari pertama kalinya bahwa para tamu kapal pesiar telah bertemu dengan hantu raksasa penguasa laut dalam Antartika, yang salah satunya itu tertangkap kamera mereka.

"Saya langsung mengenalinya dan, mengingat jarangnya penampakan, saya dibanjiri kegembiraan," kata Moore, salah satu ilmuwan kepala Viking.

Habitat ubur-ubur hantu raksasa

Ubur-ubur mirip UFO ini hidup di setiap samudra, kecuali Samudra Arktik. Hewan laut dalam ini juga termasuk spesies yang misterius dan biasanya berenang jauh di permukaan, serta sangat jarang terlihat oleh manusia.

Studi baru juga menjelaskan bahwa pengamatan langsung dilakukan terhadap tiga ubur-ubur berbeda yang dilakukan selama penyelaman submersible di Semenanjung Antartika.

Baca juga: Mengenal Patahan Terbesar Bumi yang Berada di Indonesia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com