Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Ikan Aligator Gar, Ikan yang Dilarang Dipelihara di Indonesia

Kompas.com - 27/08/2022, 20:02 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aligator termasuk salah satu yang terbesar dari semua spesies ikan air tawar. Ikan aligator gar bisa tumbuh hingga 3 meter dengan berat mencapai 350 pon.

Ikan yang memiliki nama ilmiah Spatula Atractosteus ini tidak ada hubungannya dengan aligator. Di Amerika Utara, aligator gar menghabiskan hampir seluruh waktunya di air tawar.

Aligator gar mempunyai kepala mirip buaya, dengan gigi tajam yang memudahkan ikan predator ini memangsa hewan hidup.

National Geographic menuliskan, kerabat prasejarah dari spesies ini pertama kali muncul 157 juta tahun lalu yang tersebar di banyak negara.

Baca juga: Aligator Gar Sebesar 136 Kg Ditemukan di Texas, Ikan Apa Itu?

Meskipun secara historis ikan Aligator Gar ditemukan di seluruh lembah Sungai Mississippi, bahkan ada yang sejauh utara Iowa dan barat Kansas dan Nebraska, tapi saat ini aligator gar hanya ditemukan di Amerika Utara dan Amerika Tengah.

Ikan aligator gar kini hanya hidup di lembah Sungai Mississippi yang lebih rendah, dari Oklahoma bagian barat, Arkansas bagian utara, Texas, sebagian Meksiko bagian selatan, dan timur ke Florida.

Habitat ikan Aligator Gar

Ikan aligator gar mampu mentolerir air payau bahkan air asin, tapi lebih suka hidup di aliran sungai besar, rawa, dan danau.

Aligator gar memiliki kantung udara yang tebal, kenyal, dan sangat vaskular. Kantung udara ini berperan seperti paru-paru, memungkinkan ikan Aligator Gar bernapas di perairan dengan oksigen rendah.

Baca juga: Viral Ikan Aligator Usai Diposting Yusuf Mansur, Ikan Apa Itu?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com