Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arapaima, Ikan Air Tawar Raksasa dari Sungai Amazon

Kompas.com - 29/07/2022, 10:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comArapaima adalah ikan air tawar raksasa yang berasal dari Sungai Amazon. Beratnya bisa mencapai 200 kilogram dan saat ini sudah ditemukan di perairan Indonesia.

Taksonomi

Klasifikasi ilmiah arapaima adalah sebagai berikut:

  • Kingdom: Animalia
  • Filum: Chordata
  • Kelas: Actinopterygii
  • Ordo: Osteoglossiformes
  • Famili: Arapaimidae
  • Genus: Arapaima
  • Spesies: Arapaima gigas

Morfologi tubuh

Arapaima adalah salah satu ikan air tawar terbesar di dunia. Panjang ikan ini bisa mencapai 4,5 meter dengan berat 200 sampai 220 kilogram. Tubuh arapaima berwarna abu kehitaman dengan aksen jingga kemerahan dekat ekornya. Bentuk kepala arapaima lebar dan bertulang.

Masyarakat sekitar Sungai Amazon dan Brazil menyebut ikan ini dengan piracucu yang dalam bahasa Tupi berarti ikan merah.

Sistem pernapasan arapaima sangat unik karena dengan badan yang besar, insangnya sangat kecil. Ikan ini bisa menggunakan mulutnya untuk bernapas dan berfungsi sebagai paru-paru.

Dengan sistem pernapasan seperti ini, arapaima tidak menemukan masalah jika memasuki perairan yang padat vegetasi dengan kadar oksigen rendah. Bahkan, arapaima bisa bertahan hidup hingga 24 jam di luar air.

Perilaku dan makanan

Arapaima adalah ikan omnivora yang memakan hewan dan tumbuhan. Ketika makan, arapaima membuka mulutnya dan menyedot makhluk hidup di sekitarnya. Makanannya meliputi ikan kecil, serangga, dan buah-buahan.

Namun, ikan ini tidak boleh diremehkan karena arapaima adalah predator yang ganas. Ia bahkan bisa loncat dari dalam air untuk menangkap hewan yang dekat dengan permukaan air, seperti burung, kadal, atau hewan primata yang sedang bergantungan di pohon.

Baca juga: Video Viral Ikan Raksasa Arapaima Ditemukan Warga Garut, Apakah Berbahaya?

Reproduksi

Pada musim panas dan ketinggian air menurun, arapaima betina akan membangun sarang untuk telurnya di atas pasir menggunakan siripnya. Sarangnya berukuran panjang 70 sentimeter dan kedalaman 25 sentimeter.

Ikan arapaima mulai bereproduksi pada musim hujan atau banjir di Sungai Amazon. Sekali bertelur, arapaima bisa menghasilkan sepuluh hingga ribuan telur.

Yang mengambil peran untuk menjaga telur-telurnya adalah arapaima jantan. Arapaima jantan akan menjaga telur tersebut dalam sarangnya. Jika ada predator, ikan jantan akan membawa telur tersebut di dalam mulutnya ke tempat yang lebih aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com