Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aligator Gar Sebesar 136 Kg Ditemukan di Texas, Ikan Apa Itu?

Kompas.com - 15/05/2022, 12:05 WIB
Mela Arnani,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seorang pemancing dari Texas, Payton Moore, berhasil menemukan aligator gar atau spatula Atractosteus raksasa setelah menyusuri bayou Houston.

Ikan dengan panjang lebih dari 2,5 meter dan berat sekitar 136 kilogram berhasil ditangkapnya. Setelah menarik ikan raksasa tersebut ke darat dan mengukurnya, Moore kembali melepaskan aligator tersbeut ke alam liar.

“Ini adalah spesimen yang sangat baik,” ujar seorang ahli biologi penelitian di Texas Parks and Wildlife Department Nate Smith seperti dikutip dari Live Science, Sabtu (14/5/2022).

Baca juga: Penemuan Viral Ikan Arapaima Raksasa yang Bikin Geger Warga Tangerang, Ikan Apa Itu?

Menurut dia, sulit untuk menentukan berat pasti dari ikan raksasa ini tanpa pengukuran yang lebih tepat atau skala resmi.

Secara resmi, gar terbesar yang pernah ditangkap di Texas memiliki berat 137 kg. Ikan tersebut ditangkap pada 1953.

Ikan aligator gar

Ikan jenis gar memiliki garis keturunan ikan kuno yang pernah tersebar di seluruh dunia.

Sisa-sisa fosil gar yang punah berasal dari periode Cretaceous, sekitar 145 juta hingga 66 juta tahun yang lalu, telah ditemukan di Eropa, Afrika, dan Asia Selatan.

Hanya tujuh spesies yang masih ada sampai saat ini, salah satunya aligator gar. Ikan ini menjadi spesies gar terbesar yang masih bisa ditemukan keberadaannya.

Aligator gar hidup secara eksklusif di Lembah Sungai Mississippi yang lebih rendah. Ikan ini memakan ikan yang berukuran lebih kecil, kepiting, unggar air, hingga kura-kura.

Baca juga: Penemuan Viral Ikan Tapah Raksasa 65 Kg di Sumut, Ini Penjelasan Ahli

Saat dewasa, gar mungkin terlihat menakutkan tapi ternyata tidak menimbulkan ancaman bagi manusia.

Seperti gar lainnya, telur ikan ini beracun bagi manusia, sehingga tidak boleh dikonsumsi.

Beberapa tahun terakhir, terlihat peningkatan upaya konservasi gar dari organisasi seperti Texas Parks and Wildlife Department.

Meskipun memancing gar menjadi tindakan terlarang, selain dari batas satu ikan per hari untuk aligator gar, direkomendasikan agar pemancing yang tertarik untuk menangkap gar mengambil pendekatan tangkap dan lepas.

Aligator gar benar-benar bisa menghirup udara, sehingga ikan ini tetap dapat hidup meskipun berada di darat selama beberapa menit. Tapi, harus dipastikan menjaga ikan tetap dingin dan basah, terutama di bawah terik matahari.

Baca juga: Tulang Ikan Raksasa Ditemukan Terdampar di Kepulauan Selayar, Peneliti Duga Milik Paus atau Hiu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com