Aligator Gar Sebesar 136 Kg Ditemukan di Texas, Ikan Apa Itu?

Kompas.com - 15/05/2022, 12:05 WIB
Mela Arnani,
Bestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Seorang pemancing dari Texas, Payton Moore, berhasil menemukan aligator gar atau spatula Atractosteus raksasa setelah menyusuri bayou Houston.

Ikan dengan panjang lebih dari 2,5 meter dan berat sekitar 136 kilogram berhasil ditangkapnya. Setelah menarik ikan raksasa tersebut ke darat dan mengukurnya, Moore kembali melepaskan aligator tersbeut ke alam liar.

“Ini adalah spesimen yang sangat baik,” ujar seorang ahli biologi penelitian di Texas Parks and Wildlife Department Nate Smith seperti dikutip dari Live Science, Sabtu (14/5/2022).

Baca juga: Penemuan Viral Ikan Arapaima Raksasa yang Bikin Geger Warga Tangerang, Ikan Apa Itu?

Menurut dia, sulit untuk menentukan berat pasti dari ikan raksasa ini tanpa pengukuran yang lebih tepat atau skala resmi.

Secara resmi, gar terbesar yang pernah ditangkap di Texas memiliki berat 137 kg. Ikan tersebut ditangkap pada 1953.

Ikan aligator gar

Ikan jenis gar memiliki garis keturunan ikan kuno yang pernah tersebar di seluruh dunia.

Sisa-sisa fosil gar yang punah berasal dari periode Cretaceous, sekitar 145 juta hingga 66 juta tahun yang lalu, telah ditemukan di Eropa, Afrika, dan Asia Selatan.

Hanya tujuh spesies yang masih ada sampai saat ini, salah satunya aligator gar. Ikan ini menjadi spesies gar terbesar yang masih bisa ditemukan keberadaannya.

Aligator gar hidup secara eksklusif di Lembah Sungai Mississippi yang lebih rendah. Ikan ini memakan ikan yang berukuran lebih kecil, kepiting, unggar air, hingga kura-kura.