Tulang Ikan Raksasa Ditemukan Terdampar di Kepulauan Selayar, Peneliti Duga Milik Paus atau Hiu

Kompas.com - 16/02/2022, 10:30 WIB

KOMPAS.com - Baru-baru ini warga Pulau Kalao Toa, Desa Garaupa, Kecamatan Pasilambena, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan digemparkan dengan penemuan tulang-tulang ikan raksasa di pesisir Pantai Kawau.

Temuan tulang ikan raksasa itu pun dikonfirmasi oleh Camat Pasilambena, Patta Bau.

Sebelumnya diberitakan Kompas.com, Selasa (15/2/2022) tulang ikan raksasa ditemukan oleh warga bernama Hasan pada 6 Februari 2022. Tulang itu juga ditemukan setelah gempa berkekuatan M 7,4 terjadi di laut Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 14 Desember 2021 lalu.

"Sebelumnya, warga lebih dulu melihat tulang ikan raksasa tersebut. Tetapi warga belum berani mengambilnya, hingga pak Hasan itu yang melaporkan temuan tulang ikan raksasa itu kepada saya,” papar Patta Bau.

Baca juga: Ikan Arapaima Raksasa yang Ditemukan di Lhokseumawe Aceh Berbahaya dan Dilarang

Dia menambahkan, bahwa tulang belulang ikan raksasa itu ditemukan di pinggir Pantai Kawau, Desa Garaupa sekitar 200 meter arah timur di Pelabuhan Kawau.

Patta Bau membeberkan warga menemukan 13 potong tulang ikan raksasa, yang terdiri dari rahang setinggi orang dewasa, di mana giginya berukuran sekitar satu meter, serta tulang berukuran besar lainnya.

Kendati demikian, pihaknya belum berani menyimpulkan tulang tersebut milik spesies ikan apa. Saat ini, tulang-tulang ikan raksasa itu telah diamankan di kantor kecamatan setempat.

Diduga milik ikan paus atau hiu

Dijelaskan Peneliti Ikan di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dr Haryono tulang ikan raksasa yang ditemukan di pesisir Pantai Kawau itu kemungkinan adalah rahang milik ikan paus atau hiu.

"Tulang ikan tersebut kemungkinan rahang paus atau hiu," kata Haryono saat dihubungi Kompas.com, Selasa (15/2/2022).

Haryono mengungkapkan bahwa tulang ikan raksasa tersebut mungkin berasal dari paus atau hiu yang sudah lama terkubur, kemudian tersingkap ke permukaan karena adanya ombak besar

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.