Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengejutkan, Pemancing Temukan Ikan Mirip Kulit Tortila

Kompas.com - 08/09/2021, 20:30 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat sedang memancing di Tampa Bay, Florida, Tom Bosworth seketika terkejut menemukan apa yang tersangkut di kailnya.

Ia melihat ikan berwarna putih dengan bintik-bintik oranye, mirip dengan kulit tortila. Ia pun menyebut jika ikan tortila itu merupakan salah satu ikan asing yang pernah ia tangkap.

"Ada sekitar 200 spesies ikan di Tampa Bay dan itu adalah salah satu ikan asing sekaligus paling menarik yang pernah saya tangkap," katanya seperti dikutip dari Live Science, Rabu (8/9/2021).

Baca juga: Cara Ikan Mujair Memelihara Telurnya

Bosworth sendiri telah menangkap ikan itu pada 31 Maret lalu saat memancing bersama dengan dua rekannya.

Kejadian itu bermula saat ia mengganti umpannya berupa udang kecil yang kemungkinan berhasil menarik perhatian ikan.

Ketika menarik pancingnya, ia sempat mengira jika kailnya itu tersangkut kantong plastik. Baru setelah menggulung tangkapannya, ia menyadari itu adalah ikan putih yang ditutupi dengan bintik-bintik oranye.

Ikan itu kemudian diidentifikasi secara publik baru-baru ini oleh Komisi Konservasi Ikan dan Margasatwa Florida (FFWCC) setelah Bosworth mengirimkan foto ikan tortila pada mereka. Ikan tersebut kemudian diidentifikasi sebagai ikan filefish oranye (Aluterus schoepfii).

Rupanya, kejadian penemuan ikan mirip tortila itu bukan pertama yang terjadi. Sebelumnya, menurut Eric Post, manajer koleksi ichthyology di FFWCC, setiap tahun sekitar tiga orang mengirim foto ikan tersebut ke FFWCC untuk meminta ahli mengidentifikasinya.

Terlepas dari namanya, filefish oranye sebenarnya memiliki punya banyak ragam warna dan pola,mulai dari abu-abu zaitun, oranye, hingga warna putih dengan bintik-bintik terang sampai pola kompleks.

Ikan ini biasanya hidup di padang lamun, di mana mereka mencari makan di antara alga dan vegetasi lainnya.

Filefish oranye bahkan memiliki alat pertahanan rahasia. Ketika merasa terancam, ia menyelam ke celah atau lubang terdekat dan mengangkat tulang punggungnya yang kaku--yang berupa tonjolan tipis seperti antena di bagian atas kepalanya.

Baca juga: Pernapasan pada Ikan: Proses dan Organ yang Terlibat

Tulang belakang ini membuat ikan terjepit di lubang persembunyiannya sampai bahaya berlalu.

Jika pemangsa, seperti ikan kadal pantai (Synodus foetens) atau jelaga (Sterna fuscata), mencoba memakannya, Filefish oranye dapat menggunakan tulang ini untuk menjauhkannya dari mulut pemangsa.

Lebih lanjut, Post menambahkan beberapa pemangsa menganggap filefish oranye enak, tetapi tidak bagi manusia.

Ikan ini memiliki kulit yang keras dan kasar serta tak memiliki banyak daging. Selain itu juga, menurut Centers for Disease Control and Prevention makanan mereka yang berupa alga disebut berbahaya jika manusia mengonsumsinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com